Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen PGPAUD Uhamka Bangun Karakter Anak Peduli Lingkungan melalui Pelatihan Ecoparenting

Senin, 22 Januari 2024 | 1/22/2024 10:21:00 AM WIB | Last Updated 2024-01-22T03:21:26Z

Serambiupdate.com - Dosen Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melaksanakan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan Ecoparenting untuk membangun karakter  anak peduli lingkungan di TK Islam Ruhama Uhamka Ciputat, (17/12).


Kegiatan yang merupakan kerjasama dengan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka ini bertujuan untuk mengedukasi orangtua bagaimana memberikan stimulus kepada anak supaya anak peduli terhadap lingkungan, dimulai dengan membiasakan hal-hal kecil yang dapat mengurangi kerusakan alam, seperti membuang sampah sesuai jenisnya, memakai barang yang ramah lingkungan dan tidak hanya satu kali pakai, menjaga kebersihan lingkungan, dan lain sebagainya.


Narasumber kegiatan Ecoparenting, Khusniyati Masykuroh mengatakan pentingnya membangun karakter anak yang peduli terhadap lingkungan untuk menyelamatkan bumi di masa depan.


“Dengan membangun karakter anak yang peduli terhadap lingkungan, kita dapat membekali anak dengan kebiasaan yang mendukung tujuan keberlanjutan. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu menyelamatkan bumi dan menciptakan masyarakat yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya.


Narasumber lainnya, Nelis Nazziatus Sadiyah Qosasyih menyampaikan bahwa cara yang digunakan untuk menanamkan karakter peduli lingkungan pada anak usia dini adalah melalui pemberian teladan orangtua, pembiasaan, dan melalui kegiatan bermain.


“Orangtua berperan penting dalam memberikan teladan kepada anak-anaknya melalui membangun kebiasaan baik dan melalui cara yang menyenangkan, yaitu sambil bermain,” pungkas Nelis.


Peserta pelatihan mendapatkan permainan ular tangga peduli lingkungan, untuk dimainkan bersama dengan anak di rumah sebagai media mengenalkan karakter peduli lingkungan.


Sementara itu, Mila Kamelia selaku Kepala Labschool Ruhama Uhamka dalam sambutannya mengatakan pelatihan Ecoparenting sangat bermanfaat bagi orangtua murid TK Ruhama.


“Kegiatan Ecoparenting ini sangat terkait dengan kebutuhan masyarakat di sekitar TK Islam Ruhama Uhamka Ciputat, terutama penyadaran mengenai pentingnya menjaga lingkungan. Ini bisa kita mulai dari lingkungan keluarga,” tuturnya.


Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah orang tua dari sekolah TK Islam Ruhama 45 orang. Peserta mengikuti pelatihan dengan antusias dan memberikan respon yang baik dengan mengatakan edukasi Ecoparenting sangat penting serta membantu orangtua mengetahui dan praktek perilaku peduli lingkungan bersama keluarga di rumah masing-masing.

=