Notification

×

Iklan

Iklan

Dekan FEB Uhamka Apresiasi Prestasi Mahasiswa dalam Pencapaian Tingkat Nasional

Selasa, 05 Desember 2023 | 12/05/2023 11:55:00 AM WIB | Last Updated 2023-12-05T04:55:45Z

 


Serambiupdate.com
- Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) berhasil meraih juara 2 dalam Lomba Bussiness Model Canvas yang diadakan oleh ENERGI (Enterpreneurship Generation) di Politeknik Negeri Batam, Sabtu (2/12).

 

Tim ini beranggotakan Ibnu Akbari dari Prodi Manajemen FEB Uhamka berkolaborasi dengan Mohammad Ilman Rizki dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) PGRI Jombang.

 

Dalam Business Model Canvas, Ibnu dan Ilman menggabungkan aspek-aspek keberlanjutan, mengarahkan perhatian pada keuntungan ekonomi, dampak sosial, dan pemeliharaan lingkungan. Menurut Ibnu Akbari selaku mahasiswa S1 Manajemen FEB Uhamka bahwa keberhasilan ini tidak hanya mencerminkan kecerdasannya dalam merancang model bisnis, tetapi juga komitmen generasi muda terhadap pembangunan berkelanjutan.

 

"Inovasi dari Tim Waduk Sei Ladi Merupakan suatu upaya kreatif untuk mengurangi limbah dan memanfaatkan sumber daya alam lokal, Briket Daun Jati menjanjikan solusi ramah lingkungan dan berpotensi sebagai alternatif energi terbarukan. Dengan ide yang unik ini, kami berharap dapat mengurangi dampak negatif pembakaran biomassa konvensional. Briket Daun Jati adalah produk yang dihasilkan dari daun jati yang biasanya dianggap sebagai limbah di berbagai wilayah Indonesia. Melalui proses teknologi yang canggih, daun jati diubah menjadi briket padat yang dapat digunakan sebagai bahan bakar, terutama untuk keperluan pemanasan dan pembakaran di industri kecil," papar Ibnu.

 

Ibnu menambahkan kelebihan dari Ide Bisnis ini adalah memiliki kelebihan dari sisi produk, penjualan, dan juga pemasaran, yang dimana ketika ide bisnis ini dipresentasikan di depan para juri, mereka sangat suka dengan ide bisnis yang kami kembangkan, karena mampu membawa isu SDG’s dan juga dampak lingkungan yang signifikan, sehingga tim ini membuktikan bahwa inovasi teknologi adalah kunci kesuksesan dalam dunia bisnis.

 

“Melalui model bisnis ini kami mampu menggabungkan teknologi terkini dengan kebutuhan pasar, menciptakan solusi-solusi yang efisien dan relevan,” ujar Ibnu.

 

Prestasi luar biasa Ibnu dan Ilman di Politeknik Negeri Batam bukan hanya kebanggaan bagi diri mereka sendiri, tetapi juga sukses besar untuk almamater mereka. FEB Uhamka dan STIE PGRI Jombang dapat membuktikan bahwa pendidikan yang diberikan bukan hanya menekankan pada teori, tetapi juga mempersiapkan mahasiswa untuk bersaing dalam dunia bisnis yang serba dinamis.

 

Di lain pihak, Zulpahmi selaku Dekan FEB Uhamka mengatakan bahwa Prestasi gemilang ini tak hanya menunjukan keberhasilan individu, tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda yang lain khususnya di Uhamka.

 

"Kita terus dukung mahasiswa yang ikut lomba Bussiness Model Canvas karena lomba ini bukan sekedar ajang perlombaan, melainkan panggung bagi para mahasisa untuk mengasah keterampilan bisnis, mengeksplorasi ide-ide kreatif, dan menjalin semangat kompetisi yang sehat. Harapannya, prestasi Ibnu Akbari dan Mohamad Ilman Rizki dapat menjadi pemicu bagi mahasiswa lain untuk menggali potensi bisnisnya dan menciptakan gebrakan positif dalam dunia kewirasuahaan di Indonesia," ungkap Zul.

=