Notification

×

Iklan

Iklan

Western Sydney University Buka Kampus di Surabaya, Fokus Bidang STEM Berbasis Teknologi

11 November 2023 | Sabtu, November 11, 2023 WIB | Last Updated 2023-11-11T02:42:07Z

 


Serambiupdate.com
- Salah satu universitas terbaik di Australia, Western Sydney University (WSU) resmi membuka kampusnya di Surabaya, Jawa Timur.

 

Pembukaan di Ball Room Hotel Sheraton Surabaya tersebut dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem, Menteri Pendidikan Australia Hon Jason Clare MP, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar, Rektor Western Sydney University Jennifer Westacott, dan Wakil Rektor dan Presiden Barney Glover.

 

Nadiem mengatakan bahwa pendirian kampus WSU di Surabaya menjadi pilar penting bagi Indonesia dan Australia untuk meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas.

 

“Saya yakin melalui pendirian kampus WSU di Surabaya, akan meningkatkan mobilitas akademik, serta kerja sama dan penelitian antara kedua negara besar kita. Saya sangat mengapresiasi komitmen dan partisipasi aktif Western Sydney University dalam menciptakan generasi pemimpin Indonesia masa depan,” ujar Nadiem.

 

WSU yang terletak di Pakuwon Tower ini berada di peringkat 1 versi Times Higher Education Impact untuk keterikatan pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan selama dua tahun berturut-turut. WSU fokus pada bidang Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM), juga komputasi, data, dan teknik untuk menunjukkan kekuatan ekonomi dan industri di Surabaya dan Jawa Timur.

 

Lima program yang disediakan yaitu Bachelor of Computer Science, Bachelor of Information and Communication Technology, Bachelor of Data Science, Bachelor of Engineering (Electrical), dan Bachelor of Business (Applied Finance).

Melalui 5 disiplin ilmu yang termasuk beberapa bidang dan ilmu terapan di WSU Surabaya, Rektor Western Sydney University Jennifer Westacott berharap ilmu tersebut dapat diterapkan oleh para mahasiswa WSU, sehingga juga dapat meningkatkan kerja sama Indonesia dan Australia.

 

“Kami berharap para mahasiswa WSU dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan dari kampus untuk Masyarakat Jawa Timur termasuk meningkatkan kerja sama Indonesia dan Australia,” tutur Jennifer.

 

Dengan berbagai pencapaian tersebut, diharapkan masyarakat Indonesia dapat merasakan dampak positif dari pendidikan yang diakui secara internasional dengan lingkungan belajar kelas dunia yang berpijak pada aspirasi mahasiswa dan berbasis teknologi di Surabaya.

 

Bulan Daya Tazkiyyah/adp

=