Notification

×

Iklan

Iklan

Unesa Buka Peluang Lanjut Pendidikan Sarjana Tingkat Internasional dengan Tiongkok

09 November 2023 | Kamis, November 09, 2023 WIB | Last Updated 2023-11-09T07:06:23Z


 Serambiupdate.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengadakan Kerjasama dengan Yuanli International Education dalam merealisasikan program kerja sama berupa program akademik internasional 3+1 yang terdiri atas kerja sama rekognisi pembelajaran lampau atau RPL/kredit transfer internasional melalui jalur kerja sama U-to-B. (23/10)

 

Siti Nur Azizah selaku Wakil Rektor IV Unesa menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan wujud merealisasi skema program 3+1 yang merupakan program bagi mahasiswa yang lulusan diploma (D3) dapat melanjutkan studi mereka hingga memperoleh gelar Sarjana selama 1 tahun studi, melalui lanjut studi dari tiongkok ke Unesa atau sebaliknya.


“Unesa memiliki sekitar 28 program studi yang telah terakreditasi unggul jenjang S1 untuk mahasiswa internasional yang berasal dari Tiongkok yang ingin melanjutkan studi mereka dari jenjang Diploma atau D3 yang akan dimulai pada semester genap 2023/2024,” ucap Siti.

 

 

Sueb selaku Kepala UPT Confucius Institute mengatakan bahwa akan ada beberapa program yang nantinya akan dijalankan, yaitu ada program akademik internasional 3+1 yang terdiri atas kerja sama rekognisi pembelajaran lampau, sehingga persiapan yang telah dilakukan oleh Unessa sudah cukup mendukung. Unessa telah mampu menyiapkan penyusunan kurikulum bagi program akademik Internasional, juga menyiapkan sarana dan prasana untuk mahasiswa Internasional, dan akan membangun kantin, asrama perkuliahan.

 

 “Unesa ini resmi diakui di Chinese Service Center for Scholarly Exchange (CSCSE), Kementerian Pendidikan Tiongkok, dan telah terdaftar dalam perguruan tinggi mitra resmi”, ucap Sueb.

 

Selain program ini, Unesa tengah menjalankan kerja sama yaitu skema 1+1+1 yang menjunjung tinggi skema DUDI dengan Wuhan Polytechnic University di Wuhan, Hubei.

 

Lalu ada skema kerja sama double degree 2+2 di Unesa dan perguruan tinggi Tiongkok, serta program peningkatan kompetensi bagi guru dan dosen Indonesia di Tiongkok. Melalui program inilah mahasiswa Tiongkok bisa menjalankan kuliah 1-2 tahun di Unesa, dan pihak kampus akan menghitung konversi kredit yang telah ditempuh di Tiongkok dan sisanya mahasiswa akan menempuh kredit sisanya di Unesa. Kerja sama ini, didukung langsung oleh CEO Yuanli Education, Lisa Wang, dan Rektor UNESA.

 

Iklima Nur Ikhsani/GJF

 

 

=