Notification

×

Iklan

Iklan

Siswa Antusias Menghijaukan SMPN 195 Jakarta, Jejak Keberhasilan Kegiatan P5 “Bercocok Tanam”

Jumat, 17 November 2023 | 11/17/2023 11:21:00 AM WIB | Last Updated 2023-11-28T04:28:07Z

Serambiupdate.com Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 195 Jakarta kembali meriahkan suasana pembelajaran dengan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang kali ini mengusung tema "Bercocok Tanam." Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan siswa-siswi tentang pentingnya pertanian dan meningkatkan kesadaran akan keberlanjutan lingkungan.

 

Kegiatan P5 ini diadakan selama dua minggu, yaitu mulai 6 November 2023 hingga 17 November 2023. Para siswa-siswi kelas VII sangat antusias mengikuti kegiatan ini bersama dengan para guru dan pengelola sekolah.

 

"Kegiatan ini tidak hanya sebagai pembelajaran praktis mengenai bercocok tanam tetapi juga membantu siswa-siswi memahami siklus alam dan meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar,” ujar Buala, ketua pelaksana P5.

 

Para siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan masing-masing kelompok bertanggung jawab atas sebuah plot tanah. Mereka diberikan pengetahuan dasar mengenai jenis tanaman, teknik penanaman yang benar, dan perawatan yang diperlukan. Selain itu, para siswa juga diajak untuk merencanakan proyek pertanian mini yang dapat diterapkan di sekolah.

 

Kegiatan bercocok tanam ini juga melibatkan kolaborasi antar pelajaran. Guru biologi memberikan penjelasan ilmiah tentang tanaman dan ekosistem, sementara guru matematika membantu siswa dalam perhitungan kebutuhan air dan pupuk. Guru IPS menjelaskan dampak positif bercocok tanam terhadap ekonomi masyarakat.

 

Pada akhir kegiatan, para siswa menyampaikan hasil proyek pertanian mini mereka dengan semangat. Beberapa kelompok berhasil menciptakan model pertanian yang inovatif, seperti penggunaan sistem irigasi sederhana dan pengolahan limbah organik menjadi pupuk.

 

Selain pembelajaran teknis, kegiatan ini juga memberikan nilai-nilai kepemimpinan dan kerjasama tim. Setiap kelompok diharapkan dapat bekerja sama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama, sekaligus memupuk rasa kebersamaan di antara mereka.

 

Buala menutup kegiatan ini dengan menyampaikan apresiasinya terhadap semangat dan dedikasi siswa-siswi dalam mengikuti kegiatan P5 kali ini. 


"Kami sangat bangga melihat potensi dan kreativitas yang ditunjukkan oleh anak-anak kita. Semoga kegiatan ini dapat menjadi landasan untuk membentuk generasi yang peduli terhadap lingkungan dan memiliki keterampilan pertanian yang berguna untuk kehidupan mereka di masa depan," pungkasnya.

 

Dengan suksesnya kegiatan P5 "Bercocok Tanam" ini, SMPN 195 Jakarta semakin memantapkan diri sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga pada pengembangan karakter dan keterampilan praktis siswa-siswinya.

(Maymunah/Dyl)

=