Notification

×

Iklan

Iklan

Peringatan Guru Nasional, Dekan FKIP Uhamka Sampaikan Peran Guru dalam Kemerdekaan Belajar

Sabtu, 25 November 2023 | 11/25/2023 02:29:00 PM WIB | Last Updated 2023-11-25T07:29:23Z



Serambiupdate.com
 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Webinar Hari Guru Nasional 2023 dengan tema 'Meneguhkan Peran Guru di Era Artificial Intelligence' secara daring melalui Zoom Meeting, Sabtu (25/11).


Acara ini dihadiri oleh Purnama Saye Purrohman Dekan FKIP Uhamka, Ika Yatri Wadek I FKIP Uhamka, Samsul Maarif Wadek II FKIP Uhamka, Harinaredi Wadek III FKIP Uhamka, Amirullah Wadek IV FKIP Uhamka, dan segenap peserta Webinar.


Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka dalam sambutannya, menyampaikan bahwa guru merupakan individu yang merdeka dalam memberikan pembelajaran dan mendidik para siswa sehingga terbentuk karakter siswa yang berkualitas, inovatif, dan berbudi luhur.


“Seorang guru merupakan individu yang merdeka, guru yang menjadi teladan dalam pendidikan. Sekarang zamannya kurikulum merdeka dengan mendahulukan nilai-nilai tradisional lewat menerapkan pendidikan di Indonesia dalam membentuk karakter-karakter siswa yang cerdas, inovatif dan berbudi luhur,” ucap Purnama.


Selain itu, Purnama Syae Purrohman juga menyampaikan tantangan bagi para guru untuk mampu berfikir modern seiring dengan maju dan canggihnya perkembangan zaman hingga sekarang muncul inovasi teknologi baru yaitu kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).


“Pendidikan sekarang juga sudah mulai canggih dan modern sehingga berubah dari menggunakan buku hingga sekarang menggunakan internet. Kita dapat mendidik kapan saja dimana saja, dan juga kecerdasan buatan AI yang merupakan sebuah tantangan bagi peran guru. Guru harus terus mengajar, dan harus memiliki karakter sehingga tidak bisa digantikan oleh AI,” tutur Purnama.


Disisi lain, dalam laporannya, Ika Yatri selaku Wakil Dekan I Uhamka juga menyampaikan mengenai peran AI di dunia Pendidikan sekarang sudah marak digunakan. Namun, guru tetap menjadi penggerak utama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang tidak bisa digantikan oleh AI.


“AI merupakan hal baru yang tidak lepas dari manfaatnya dalam menyukseskan media pembelajaran di dunia pendidikan. Namun, peran guru tidak dapat digantikan, karena Guru merupakan pelita bangsa dalam mencerahkan kehidupan masyarakat lewat Ilmu pengetahuan yang berkarakter,” ujarnya.


Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi Bersama narasumber mengenai materi tentang kesuksesan dalam menciptakan Pendidikan yang berkualitas melalui media pembelajaran, teknologi dan motivasi siswa berpaku kepada aspek yang disampaikan oleh Silih Warni selaku narasumber dalam kegiatan acara.

=