Notification

×

Iklan

Iklan

PBSI FKIP Uhamka Gelar Bincang BIPA, Kembangkan Internasionalisasi Bahasa Indonesia

Kamis, 30 November 2023 | 11/30/2023 03:04:00 PM WIB | Last Updated 2023-11-30T08:04:02Z


Serambiupdate.com
- Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan kegiatan Bincang Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) dengan tema Mengulas Kembali Pelatihan Tematik BIPA di UI, Gedung FKIP Uhamka, Kamis (30/11).

 

Acara ini turut dihadiri oleh Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka, Ika Yatri selaku Wakil Dekan I FKIP Uhamka, Nur Aini Puspitasari selaku Dosen Pembimbing, Abdul Rahman Jupri selaku Dosen Pembimbing, serta  mahasiswa PBSI semester 1,5, dan 7.

 

Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka menuturkan, dengan adanya BIPA maka akan datanglah mahasiswa asing ke Indonesia. Di Uhamka sudah membuat Lembaga BIPA di tingkat fakultas. Jika sudah memasuki jangka waktu dua tahun, maka dapat mengajukan Darmasiswa. Program Darmasiswa merupakan program beasiswa dari Kemendikbud untuk mahasiswa asing yang ingin belajar bahasa Indonesia, seni, musik dan kerajinan.

 

“Maka saya akan sangat mendorong prodi PBSI FKIP Uhamka untuk menghasilkan pegiat BIPA . Saya kira BIPA ini penting, apalagi bahasa Indonesia sudah diakui UNESCO. Saya minta agar dimaksimalkan mahasiswa PBSI ini bisa memiliki sertifikat BIPA minimal level 1 agar terkualifikasi mengajar BIPA.

 

Selanjutnya, Ika Yatri selaku Wakil Dekan I FKIP Uhamka menyampaikan apresiasinya kepada  prodi PBSI FKIP Uhamka yang menggalakan BIPA. Ia berharap dengan memulai langkah ini kedepannya Uhamka bisa mendirikan Lembaga BIPA.

 

“Mudah mudahan langkah dari PBSI ini kedepannya dapat membuahkan hasil yaitu berupa Lembaga BIPA yang profesional di Uhamka, sehingga Uhamka juga dapat membuka program Darmasiswa,” ujar Ika.

 

Di lain pihak, Nur Aini Puspitasari selaku Dosen Pembimbing mengatakan bahwa di prodi PBSI FKIP Uhamka memiliki tiga mata kuliah pilihan diantaranya BIPA, Sastra, dan Jurnalistik. Mata kuliah BIPA ini berjumlah 13 SKS yang dimulai dari semester 5 hingga 7.

 

“Terima kasih kepada pak dekan dan ibu wadek mau berkenaan hadir serta apresiasi dan dukungannya. Pada 20 November 2023 bahasa Indonesia sudh diakui sebagai bahasa resmi UNESCO. Maka kita turut bangga berkuliah di PBSI FKIP Uhamka. Kegiatan ini sebenarnya merupakan kegiatan diskusi dan membagikan ilmu serta pengalaman yang pecan lalu mengikuti pelatihan BIPA Tematik di Universitas Indonesia,” ungkap Nur Aini.

 

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/  atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka  . Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

=