Notification

×

Iklan

Iklan

DPRD Maluku Mengingatkan Guru untuk Berfokus pada Peningkatan Mutu dan Kualitas Pendidikan

07 November 2023 | Selasa, November 07, 2023 WIB | Last Updated 2023-11-07T02:42:19Z

Serambiupdate.com Komisi IV DPRD  Maluku memberikan peringatan kepada kepala sekolah dan guru di provinsi tersebut untuk lebih berfokus pada peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, serta menghindari terlibat dalam politik praktis.




"Lebih baik memberikan pengajaran kepada siswa di dalam kelas untuk meningkatkan kemampuan mereka demi kemajuan pendidikan," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Roviq Akbar Afifudin, di Ambon pada Selasa, (31/10).


Roviq memberikan penjelasan terkait dugaan bahwa seorang kepala SMK di Kota Ambon telah mengajak para guru untuk mendukung salah satu kandidat anggota DPR RI pada Pemilu Legislatif 2024.

 

Dia menyatakan bahwa komisi akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui di mana, kepada siapa, dan dalam kapasitas apa pernyataan tersebut disampaikan. Jika ternyata dugaan tersebut terkait dengan aktivitas di sekolah dan dalam kapasitas resmi sebagai kepala SMK, maka hal ini dapat dianggap sebagai pelanggaran.


Roviq juga menegaskan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak diperbolehkan terlibat dalam aktivitas politik karena hal tersebut melanggar aturan dan akan berdampak pada konsekuensi hukum.

 

Komisi IV telah merencanakan untuk mengundang kepala SMK yang bersangkutan bersama dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi untuk meminta penjelasan resmi dalam sebuah rapat dengar pendapat dengan komisi.


(Santika/Dyl)


=