Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FFS Uhamka Edukasi Pencegahan dan Pengobatan Infeksi Kecacingan

Sabtu, 25 November 2023 | 11/25/2023 08:30:00 AM WIB | Last Updated 2023-11-25T01:30:03Z

 


Serambiupdate.com
 - Dosen Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan edukasi tentang pencegahan dan pengobatan infeksi kecacingan, di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 61 secara offline, Sabtu (14/10).

 

Acara ini menghadirkan narasumber dari FFS  Uhamka diantaranya Adia Putra Wirman yang menjelaskan tentang pencegahan infeksi kecacingan dan Nurul Azmah N yang menjelaskan tentang penyebab dan pengobatan infeksi kecacingan.

 

Wijiastuti selaku ketua pelaksana mengatakan, Helminthiasis atau kecacingan adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit cacing. Penyakit ini banyak terjadi di dunia, termasuk di Indonesia. Kelompok STH merupakan parasit cacing usus yang siklus hidupnya melalui media tanah untuk berkembang. Infeksi Soil Transmitted Helminths tidak langsung menyebabkan kematian, tetapi dapat menyebabkan infeksi kronis dan morbiditas yang berkepanjangan.

 

“Infeksi Soil Transmitted Helminths menimbulkan kerugian secara ekonomi maupun lingkungan bahkan sanitasi buruk bagi penderita dan keluarganya. Kecacingan dapat menyebabkan anemia (kurang darah), berat badan pada anak yang rendah, lemas, mengantuk, malas belajar, IQ menurun, prestasi dan produktivitas menurun,” tutur Wijiastuti.

 

Wijiastuti juga mengungkapkan peserta mengikuti kegiatan ini dengan antusias dan berkeingintahuan kuat.

 

 

"Antusias dan keingintahuan peserta berperan penting dalam kelancaran acara. Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan peserta sangat antusias. Peserta dapat menerima dan memahami materi yang diberikan, evaluasi ini diperoleh dari hasil pre test dan post test yang kami berikan sebelum dan sesudah acara, terdapat peningkatan nilai dari setiap peserta yg mengikuti edukasi ini," ujarnya

=