Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkot Jambi Putuskan Libur Sekolah, Siswa PAUD hingga SMP Lakukan PJJ

03 Oktober 2023 | Selasa, Oktober 03, 2023 WIB | Last Updated 2023-10-03T07:42:19Z

 


Serambiupdate.com
 - Pemerintah Kota Jambi menetapkan sekolah untuk libur dari jenjang PAUD hingga SMP. Kebijakan libur sekolah itu dampak dari kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

 

Abu Bakar selaku Kadis Kominfo Kota Jambi menuturkan wilayah yang menjadi korban terparah akibat paparan asap yang dikirim oleh daerah kabupaten dan provinsi sekitar, Pemerintah Kota Jambi mulai mengambil langkah taktis dan strategis guna melindungi masyarakat dan lingkungan hayati lainnya.

 

"Menyikapi soal kondisi darurat bencana asap karhutla di Provinsi Jambi. Sebagai wilayah yang menjadi korban terparah akibat paparan asap yang dikirim oleh daerah kabupaten dan provinsi sekitar, Pemerintah Kota Jambi mulai mengambil langkah taktis dan strategis guna melindungi masyarakat dan lingkungan hayati lainnya yang akan terpapar kabut asap dalam jangka waktu lama," tutur Abu Bakar.

 

Abu Bakar menegaskan, kebijakan libur sekolah ini mengacu soal instruksi Wali Kota Jambi sesuai surat edaran Nomor PK.02.01/2770/Disdik/2023 tanggal 1 Oktober 2023 tentang pelaksanaan kegiatan belajar pada masa bencana kabut asap di Kota Jambi. Dalam surat edaran itu, pelajar tingkat kelompok bermain, PAUD sampai SMP diliburkan sekolah tatap muka dan memberlakukan pembelajaran jarak jauh (daring).

 

"Belajar daring bagi pelajar sekolah tingkat Kelompok Bermain/KB, PAUD, TK, SD, dan SMP sederajat, negeri/swasta, mulai hari Senin 2 Oktober hingga 4 Oktober 2023," ujar Abu Bakar.

 

Abu Bakar juga menyebutkan pembelajaran tetap dilakukan secara daring. Pihak orang tua juga di imbau untuk selalu mengawasi anaknya, serta tidak membiarkan anak-anak selama daring untuk bermain di luar rumah.

 

"Kepada masyarakat kami imbau untuk mengurangi aktivitas di luar ruang, terutama bagi anak-anak selama kegiatan daring berlangsung. Kami juga ingatkan masyarakat juga harus menutup ventilasi rumah, kantor, sekolah, tempat umum saat tingkat polusi udara tinggi, terutama yang terpenting untuk kembali menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruang, terutama saat kualitas udara buruk," terang Abu Bakar.

 

Abu Bakar juga menyampaikan, di masa kabut asap, tentunya berpotensi terhadap kesehatan masyarakat. Untuk itu ia minta masyarakat untuk tetap melaksanakan pola hidup bersih dan sehat dan segera memeriksakan diri jika mengalami keluhan kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat.

 

"Pemkot Jambi akan terus meng-update perkembangan terkait situasi kabut asap dan kebijakan-kebijakan strategis lainnya secara luas dan cepat kepada masyarakat. Semoga bencana ini segera berakhir, mohon doa untuk kita semua," tambah Abu Bakar.

 

Sementara, BMKG juga memprediksi jika selama 4 hari ke depan sebaran partikulat karbon monoksida (CO) akan meningkat di Jambi. Meningkatnya partikulat karbon monoksida ini dampak kabut asap karhutla yang menyebabkan kualitas udara memburuk.


adp

=