Notification

×

Iklan

Iklan

Siapkan Pemuda Berwirausaha, Kemendikbudristek Ungkap Pemerintah Lakukan Upaya

15 September 2023 | Jumat, September 15, 2023 WIB | Last Updated 2023-09-15T03:31:50Z

Serambiupdate.com Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mendorong sinergi antar bidang untuk memperkuat muda-mudi Indonesia, khususnya bagi lulusan SMA/SMK yang memiliki niat untuk berusaha.


“Kita perlu melakukan bimbingan dan pendampingan kepada adik-adik kita yang ingin berwirausaha, baik dari sektor industri hingga dorongan modal,” ujar Wardani Sugiyanto Direktur Sekolah Menengah Kejuruan Kemendikbud Ristek RI di Yogyakarta, Rabu (13/9).


Wardani juga menyampaikan saat ini Indonesia memiliki wadah untuk melanjutkan pendidikannya, tidak dengan bidang wirausaha. Hal ini ia sampaikan pada acara Lokakarya “Mendorong Transformasi Pemuda menjadi Wirausaha Baru yang Tangguh dan Berdaya Saing di Era Ekonomi Digital”.

Menurutnya,  Pemerintah perlu bergerak untuk menggelarkan lebih banyak upaya, salah satunya dengan menyerukan sistem informasi di bidang kewirausahaan. Hal ini ditujukan agar lebih banyak anak muda yang tertarik mengikuti dunia wirausaha.


“Pemerintah pun perlu menyediakan sistem informasi agar dunia wirausaha semakin menggaet banyak pemuda Indonesia dan menumbuhkan kemajuan untuk memulai proyek kewirausahaan,” tuturnya.


Di lain hal, Chairul Saleh Asisten Deputi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Kewirausahaan Kemenko PMK RI mengungkapkan anak muda memiliki tugas yang penting dalam pembangunan nasional.


“Indonesia ini menjadi satu dari banyak negara dengan populasi terbesar di dunia dan populasi ini dikuasai oleh usia produktif. Ini bisa jadi peluang, hanya saja tantangan kita masih banyak anak muda yang takut untuk memulai usahanya,” pungkas Chairul Saleh. 

DYL
=