Notification

×

Iklan

Iklan

Lulus Program PPG Pada 15 September Nanti, Kemendikbudristek Ciptakan Calon Guru Berkualitas

20 September 2023 | Rabu, September 20, 2023 WIB | Last Updated 2023-09-20T02:25:32Z



Serambiupdate.com - Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologu (Kemendikbudristek) bersma dengan Lembaga Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG) mengumumkan kelulusan bagi mahasiswa yang mengikuti program PPG Prajabatan Gelombang 1 untuk tahun ajaran 2022/2023 yang akan diberitahukan kepada para peserta yang telah lulus pada tanggal 15 September 2023 nanti, agar melanjutkan langkah selanjutnya dalam seleksi ASN untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru. (20/09/2023)

 

Panitia kelulusan PPG terdiri dari Pengarah, Penanggungjawab dan Pelaksana dari pihak Kemendikbudristek juga beberapa perwakilan dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) sebagai penyelenggara Program PPG Prajabatan bagi para Mahasiswa.

 

Nunuk Suryani selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan Kemendikbudristek mengatakan bahwa kesepakatan ini telah dipertimbangkan sepenuhnya dengan memperhitungkan proses pengolahan dan finalisasi data kelulusan paea peserta dengan koordinasi dari panitia nasional. Dia juga menambahkan bahwa proses kelulusan ini harus diteliti dengan hati-hati yang telah dilalui oleh para peserta.

 

“Kesepakatan untuk kelulusan ini telah diambil setelah kita pertimbangkan lewat proses perhitungan dan pengolahan finalisasi dari data kelulusan peserta melalui proses koordinasi dengan panitia nasional. Kami masih ingin meneliti dengan lanjut dan teliti juga hati-hati mengolah hasil Pendidikan selama 2 semester yang telah dilalui oleh mahasiswa peserta PPG sebelum kelulusan mereka nanti.” Ucapnya.

Nunuk mengucapkan terima kasihnya dan apresiasi bagi pantia nasional yang terdiri dari LPTK, penyelenggara Program PPG, Dosen, Guru Pamong serta seluruh pihak telah sepenuhnya bekerja keras membantu dan mendukung suksesnya program penyelenggaraan PPG prajabatan gelombang 1 untuk tahun 2022/2023.

“Saya mengucapakan terima kasih pada seluruh panitia yang ikut berkontribusi dalam mensukseskan program ini dan telah bekerja keras dengan sepenuh hati. Terutama LPTK, Penyelenggara Program PPG, Dosen, dan Guru Pamong dalam program ini yang baru dilaksanakan untuk Gelombang 1 untuk tahun 2022/2023.” Ucap apresisasinya.

 

 


Setelah pengumuman hasil kelulusan tersebut, kata dia, para lulusan PPG Prajabatan akan diproyeksikan mengisi kekosongan serta menggantikan guru-guru yang pensiun pada satuan pendidikan di berbagai daerah.

Para lulusan diminta persiapkan diri dengan baik dan mengikuti rekrutmen guru ASN PPPK Tahun 2023 yang dilaksanakan pada akhir 2023.

Ia menegaskan upaya pemerintah tidak akan pernah surut dalam memenuhi kebutuhan guru, memperjuangkan kesejahteraan guru, dan meningkatkan kompetensi guru.


Nunuk juga mengingatkan kepada para lulusan program PPG Prajabatan 2022/2023 agar dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam mengikuti rekrutmen guru ASN PPPK tahun 2023 yang diselenggarakan pada akhir tahun nanti.

“Para lulusan program PPG Prajabatan diharapkan dapat bisa menggantikan kekosongan tenaga pengajar dan menggantikan guru-guru yang pension diberbagai daerah. Untuk itu, para lulusan adar dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam mengikuti tes rekrutmen ASN untuk PPPK Guru tahun 2023 nanti agar dapat bisa langsung divalidasi untuk bertugas.” Pungkasnya.
=