Notification

×

Iklan

Iklan

Ciptakan Sistem Pendidikan Masa Depan, Pendiri AI Memperkenalkan Manfaat AI di Kampus Londonderry

18 September 2023 | Senin, September 18, 2023 WIB | Last Updated 2023-09-18T02:03:53Z


Serambiupdate.com
 - GenAI mengadakan seminar workshop mengenai fungsi Artificial Intellegence (AI) dalam membantu fasilitas dunia Pendidikan dan dampaknya terhadap kemajuan teknologi dalam menopang sistem Pendidikan di masa depan nanti. Seminar ini diadakan di Ulster University's Magee Campus (Kampus Ulster University Magee) di Londonderry, Irlandia. (18/09/2023)

 

Kegiatan Workshop dihadiri oleh Sue Attewell selaku narasumber pembicara juga wakil pimpinan Pusat Lembaga AI Nasional untuk Edukasi, Dr. Cris Bloomfield selaku narasumber ke 2 dan arsitek industri senior dengan Microsoft, dan Manjinder Kanith selaku wakil pendiri dan CEO (Chief Excecutive Officer) dari Graid, Platform penilaian dan umpan balik yang ditingkatkan AI.

 

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 3 hari ini, akan membahas mengenai cara Platform AI menghasilkan bahan-bahan untuk belajar-mengajar dan peran AI dalam sektor perguruan tinggi. Para narasumber menyampaikan beberapa potensi manfaat dari penggunaan AI bagi Masyarakat dalam membantu pekerjaan mereka lewat industri desain digital dan sistem pengkodean seperti QR atau Barcode yang sangat luas digunakan sekarang. Diharapkan, penggunaan AI dapat membawa perubahan-perubahan yang signifikan dalam memberikan manfaat bagi Masyarakat terutama untuk bidang Pendidikan.

 

Prof. Colin Turner dari Fakultas Teknik Komputer dan Lingkungan Buatan Universitas Ulster mengatakan bahwa masa depan penggunaan AI dalam kehidupan manusia akan dapat menjadi kesempatan dan juga tantangan bagi kita. Melalui kegiatan ini, dia berharap akan membahas langsung mengenai tantangan-tantangan yang akan dihadapi oleh Masyarakat, terutama bagi siswa dan guru di bidang Pendidikan. Sehingga manfaat AI dapat diperoleh sesuai dengan harapan.

 

“Menurut Saya sama seperti beberapa perubahan kemajuan teknologi yang lainnya, contohnya seperti Website Dunia dan Penelusuran Internet, AI akan membawa banyak perubahan yang mungkin akan memberikan tantangan-tantangan dan juga memberikan banyak kesempatan bagi para penggunanya, juga Masyarakat.” Ucapnya.

 

“Tujuan diadakannya pertemuan ini, diharapkan dapat memberikan untuk kita mengenai topik pembicaraan yang jujur dan terbuka mengenai tantangan-tantangan yang akan dihadapi dari penggunaan AI. Agar kedepannya kita bisa memastikan manfaat yang dapat diberikan untuk kepentingan Pendidikan bagi siswa-siswa dan juga para guru nantinya, juga untuk penopang kemajuan Industri, baik di Inggris dan dunia.” Harapannya dari kegiatan ini.

 

Sir Anthony Seldon selaku kepala guru Epsom College menyampaikan pesannya kepada majalah Times mengenai AI yang merupakan sebuah platform teknologi yang luar biasa dan memiliki manfaat besar bagi menopang kemajuan Pendidikan bagi guru, siswa dan staff di Sekolahnya, namun juga bisa menjadi ancaman apabila disalah gunakan.

 

“AI merupakan sebuah acaman yang besar bagi manusi, namun AI juga dapat memberikan manfaat besar bagi siswa-siswa, para guru dan staff di sekolah kami. Selama penggunaanya tidak disalah gunakan, AI dapat membantu Masyarakat dalam menopang kemajuan Pendidikan dalam memberikan bahan-bahan pengajaran untu kegiatan belajar mengajar.” Tuturnya.

 

Prof. Turner juga menambahkan bahwa menggebrak Gerakan dalam menyeimbangkan penggunaan AI sangat penting. Terlebih lagi, AI merupakan teknologi yang baru dan pertama kali diterapkan di bidang Pendidikan setelah sektor industry yang pertama.

 

“Sebuah kewajiban bagi kita sebagai pihak universitas dalam memastikan penelitian kita terhadap kurrikulum Pendidikan kampus dalam mempersiapkan penggunaan AI untuk basis sistem Pendidikan, agar kita sudah siap dan tidak kaget saat sudah diterapkan nanti. Sangat penting bagi kita untuk lebih cepat tanggap dan responsive terhadap perubahan yang satu ini, terutama teknologi AI ini.” Pungkasnya.

(GJF)
=