Notification

×

Iklan

Iklan

Uhamka Turut Mendemonstrasikan Hasil Inovasi Kreatif pada Pameran Riset dan Inovasi HAKTEKNAS ke-28

Jumat, 11 Agustus 2023 | 8/11/2023 02:53:00 PM WIB | Last Updated 2023-08-11T11:05:15Z


Serambiupdate.com
 Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menjadi Co Organized pada acara Pameran Riset dan Inovasi HAKTEKNAS ke-28 2023 yang diusung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknoogi di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno pada 11-13 Agustus 2023.

 

Pada acara ini Uhamka juga berkesempatan mendemonstrasikan inovasi-inovasi kreatif yang dibuat oleh dosen dan mahasiswa Uhamka yang berupa Bola Makhorijul huruf edisi ke-2, Mesin Pirolisis untuk mengubah limbah plastik menjadi minyak, Mesin CNC 3D printer.

 

Prof Nizam selaku Plt. Direktur Jendral Pendidikan Tiggi, Riset, dan Teknologi mengatakan pada tahun 10 Agustus 1995 berhasil membanggakan bangsa Indonesia dengan membuat Pesawat N250 terbang ke angkasa nusantara untuk pertama kalinya yang merupakan karya anak bangsa. Hal tersebut tentu merupakan satu tonggak kemajuan teknologi Indonesia yang harus dijaga agar dapat mengejar ketertinggalan.

 

“Karena itu, sangat tepat untuk kita ingat tanggal 10 Agustus sebagai hari yang menjadi momentum untuk Indonesia mengokohkan kembali melakukan riset dan inovasi. Tanpa riset dan inovasi tentu sulit bagi bangsa Indonesia dapat lepas dari kelompok negara berpenghasilan menengah. Middle income country trap itu hanya bisa dilewati kalau ekonomi bangsa Indonesia bisa bertransformasi menuju ekonomi berbasis inovasi, dan inovasi itu kerja keras secara terus-menerus,” ujar Prof Nizam.


 

Di lain Pihak, Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menuturkan bahwa tempat pameran Uhamka dalam kegiatan ini telah banyak dikunjungi oleh siswa dari berbagai sekolah dan juga pejabat menteri diantaranya Prof Nizam Plt. Direktur Jendral Pendidikan Tiggi, Riset, dan Teknologi mengatakan, Prof M. Faiz Syuaib selaku Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Prof Muhammad Adlin Sila selaku Staf Ahli Mendikbud Ristek.

 

Kegiatan pameran ini turut dihadiri 20 Perguruan Tinggi Negeri dan 4 Perguruan Tinggi Muhammadiyah diantaranya Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA).

 

“Terima kasih kepada Kemendikbudristek yang telah mempercayakan dan menunjuk Uhamka sebagai Co Organized atau mitra pelaksana kegiatan pameran ini. Melalui kepercayaan penuh yang diberikan kepada Uhamka, di pameran ini kami dapat memperlihatkan hasil inovasi-inovasi kreatif yang telah dibuat oleh dosen dan mahasiswa Uhamka. Sehingga siswa dan masyarakat umum dapat mengetahui bahwa Uhamka selalu melakukan penelitan terhadap kemajuan teknologi. Selanjutnya dalam kegiatan ini yang berlangsung selama 3 hari, Uhamka juga menampilkan berbagai penampilan diantaran Tari Daerah, musik akustik dan jazz Uhamka,  " tutur Prof. Gunawan.

 

Prof. Gunawan menambahkan bahwa "Uhamka juga turut serta mengajak UAD, UMS, dan UMSIDA untuk hadir untuk berpartisipasi pada kegiatan ini. Kemudian harapan saya kedepannya tentang HARTEKNAS Ke-28 ini bahwa Uhamka akan terus berinovasi dan menciptakan karya-karya yang bermanfaat untuk masyarakat dan dunia, mohon doanya dari semuanya” tutupnya.

=