Notification

×

Iklan

Iklan

Tim PKM Pendidikan Ekonomi FKIP Uhamka Berikan Penguatan Kapasitas Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif

04 Agustus 2023 | Jumat, Agustus 04, 2023 WIB | Last Updated 2023-08-04T07:53:09Z

Serambiupdate.com Tim dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Penguatan Kapasitas Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif , Kamis (3/8).

 

Kegiatan ini beranggotakan II orang yaitu Sugiono dan M. Jamil Latief dan dihadiri 23 guru lintas mata pelajaran. Pada kesempatan kali ini tim pengabdian masyarakat melakukan pelatihan tentang menggunakan nearpod sebagai salah satu media pembelajaran interaktif yang bisa dimanfaatkan oleh bapak/ibu guru dalam proses pembelajaran. Media yang komprehensif yang bisa mengakomodir kebutuhan guru, baik untuk memaparkan materi, melakukan test, hasil test, dan tingkat keaktifan peserta didik dalam belajar.

 

Kegiatan diawali oleh sambutan dari Jaka Subagya selaku Wakil Bidang Kesiswaan menyampaikan bahwa, kegiatan ini sangat bagus sebagai sarana guru untuk meningkatkan kapasitas diri, terutama dalam memanfaatkan media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran.

 

“Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kapasistas diri guru, terutama dalam memanfaatkan media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran,” tutur Jaka

 

Pada saat penyampaian materi M. Jamil Latief yang merupakan tim anggota pengabdian masyarakat mengatakan bahwa, media pembelajaran memainkan peran penting dalam memberdayakan peserta didik untuk menjelajahi materi pembelajaran dengan cara yang menarik dan sesuai dengan preferensi belajar mereka sendiri.

 

“Penggunaan media pembelajaran interaktif diharapkan dapat mendorong peserta didik teterlibat aktif dalam proses pembelajaran, memudahkan pemahaman, mengakomodasi gaya pembelajaran yang beragam, meningkatkan retensi informasi, mendukung pembelajaran jarak jauh, mendorong kreativitas dan kolaborasi serta merespons perkembangan teknologi, ungkap Sugiono dalam paparan materinya,” jelas Jamil.

 

Sedangkan, Sugiono berharap dari pelatihan ini dapat membantu guru dalam menggunakan media pembelajaran yang lebih interaktif.

 

“Semoga dari pelatihan ini dapat membantu guru dalam menggunakan media pembelajaran yang lebih interaktif,” harap Sugiono.

=