Notification

×

Iklan

Iklan

Optimis Hadapi Tantangan Integrasi Islam dan Psikologi; Subhan El Hafiz terima Amanah sebagai Dekan Fakultas Psikologi Uhamka

Rabu, 30 Agustus 2023 | 8/30/2023 12:02:00 PM WIB | Last Updated 2023-08-30T05:02:59Z


Serambiupdate.com
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Pelantikan Dekan Fakultas Psikologi Masa Jabatan 2023-2027 secara langsung di Aula A.R Fachrudin Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Selasa (29/8).

 

Acara yang berlangsung khidmat ini dihadiri oleh Prof Sudarnoto Abdul Hakim selaku Sekretaris Badan Pembina Harian (BPH) Uhamka, Akhmad Abubakar selaku Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta, Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Anisia Kumala selaku Wakil Dekan I Uhamka, Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Prof Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka, jajaran pimpinan Psikologi Uhamka dan stakeholders.

 

Prof Sudarnoto Abdul Hakim dalam sambutannya menjelaskan makna dari mengemban amanah bersama-sama dalam membangun suatu institusi. Ia pun optimis akan peluang-peluang yang dimiliki Psikologi Uhamka untuk meningkatkan masa depan Uhamka yang cerah.

 

“Selamat dan sukses kepada Bapak Subhan atas amanah yang didapatkan. Bekerjalah dengan serius. Percayalah, setiap pimpinan memiliki tanggung jawab yang berat, namun jika amanah itu diemban bersama-sama, beban tersebut akan berkurang. Saya mewakili BPH optimis masa depan Uhamka akan cerah di tangan Psikologi Uhamka,” tutur Prof Sudarnoto.

 

Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menuturkan terima kasihnya kepada Anisia Kumala Masyhadi Lc., M.Psi. Psikolog yang telah menjabat sebagai Dekan Psikologi Uhamka periode 2019-2023 sudah menyelesaikan tugasnya dengan baik. Ia mengucapkan selamat kepada Subhan El Hafiz, S.Psi., M.Si. yang telah dilantik sebagai Dekan Fakultas Psikologi serta memberikan pesan kepadanya bahwa Fakultas Psikologi harus dapat meningkatkan dan mempertahankan prestasi yang telah dibangun. Kemudian ia juga berharap agar Dekan Psikologi Uhamka periode 2023-2027 memiliki semangat yang tinggi serta beroptimis dalam meningkatkan prestasi Psikologi Uhamka kedepannya karena ini merupakan tepi kualitas program studi. Menurutnya, pada teknologi informasi saat ini pelayanan Psikologi tidak hanya offline tetapi juga dapat memanfaatkan kemajuan digital, maka ini bisa dimasukkan ke dalam pengembangan kurikulum.

 

“Tentu untuk mendukung peningkatan akreditasi, Bapak Subhan harus dapat mendorong dosen-dosen di Psikologi untuk melanjutkan studi doktoral. Hal ini karena dimulai dari peningkatan sumber daya manusia sehingga dapat melakukan peningkatan kurikulumnya. Langkah awal yang perlu dilakukan yaitu dekan harus berkoordinasi dengan program studi untuk selalu mengembangkan kurikulumnya, misalnya merancang mata kuliah yang di dalamnya ada ilmu Psikologi dan teknologi informasi terkini agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini,” tutur Prof Gunawan.

 

Selanjutnya, Prof M. Noor Rochman Hadjam selaku anggota senat Fakultas Psikologi Uhamka berpesan agar Fakultas Psikologi Uhamka dapat mengembangkan suatu academic excellence dengan mengolaborasikan psikologi dan Ilmu Teknologi.

 

"Ada satu catatan sebagai dekan psikologi, yaitu terkait pemrograman ilmu yang ada. Saya garis bawahi apa yang dikatakan Bapak Rektor, jadi kita ini harus memiliki suatu academic excellence, khususnya psikologi. Kita akan kembangkan psikologi yang berbasis IT. Sejak Covid-19, secara tidak langsung kita telah mengimplementasikan IT dalam pembelajaran kita, yaitu tele konseling yang bisa menjangkau seluruh wilayah. Nanti juga ada tele psikoterapi hingga tele psikoedukasi. Ini kita bisa kembangkan dengan membuat courses dan pengabdian dosen," ujar Noor Rochman.

 

Di lain pihak, Abubakar Ketua PWM DKI Jakarta ketika diwawancarai mengucapkan selamat kepada Uhamka yang telah melaksanakan pelantikan Dekan Psikologi Uhamka periode 2023-2027 atas nama Subhan El Hafiz. Ia mengatakan tentu tantangan yang diemban tidak sedikit baik internal dan eksternal. Selain itu, Abubakar menambahkan bahwa tugas memajukan Psikologi Uhamka ini bukan hanya diemban dekan saja, tetapi juga unsur lainnya seperti dosen, tenaga kependidikan dan juga mahasiswa berperan di dalamnya. Ia berpesan bahwa merawat Fakultas Psikologi Uhamka itu penting baik secara fisik  dan juga pelayanan kepada mahasiswa

 

“Psikologi Uhamka yang dipimpin oleh Bapak Subhan harus banyak berdiskusi dan belajar dengan fakultas psikologi di universitas lain yang telah maju. Harus memiliki strategi yang jitu untuk memajukan Psikologi Uhamka. Mudah-mudahan Fakultas Psikologi Uhamka lebih maju dan berkembang, bahkan dapat menjadi ikon pertama di Uhamka dengan segala pencapaian prestasinya,” tutur Abubakar.

 

Dalam sambutannya, Subhan El Hafiz menyampaikan rasa syukurnya atas jabatan yang telah diamanahkan kepadanya. Ia harap amanah ini dapat diemban dengan sebaik-baiknya hingga akhir masa masa tanggung jawabnya sebagai Dekan Fakultas Psikologi Uhamka. Jabatan ini juga menjadi beban yang cukup besar karena Fakultas Psikologi Uhamka harus tetap mempertahankan visinya sebagai universitas yang mengintegrasikan nilai keislaman dan psikologi.

 

"Terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mempercayakan saya untuk mengemban amanah sebagai Dekan Fakultas Psikologi Uhamka masa jabatan 2023-2027. Fakultas Psikologi Uhamka merupakan fakultas yang mengintegrasikan Islam dan psikologi dalam ruang lingkup yang sama. Saya pun kedepannya harus mampu menciptakan nilai dan gagasan baru tanpa menghilangkan keintegritasan itu di Fakultas Psikologi Uhamka ini. Maka dari itu, saya memohon doa dari bapak/ibu agar amanah ini bisa terus saya jalankan dengan sebaik-baiknya hingga esok hari (akhir masa jabatan)," pungkasnya.

 

Selanjutnya, Anisia Kumala Dekan Fakultas Psikologi masa jabatan 2019-2022 mengungkapkan terima kasih kepada Stakeholder Uhamka, khususnya Fakultas Psikologi Uhamka yang telah mencanangkan gagasan berkemajuan hingga membawa Fakultas Psikologi menjadi salah satu fakultas terbaik Uhamka saat ini. Ia berharap kepemimpinan selanjutnya dapat menciptakan kebaruan dalam membangun Fakultas Psikologi Uhamka yang unggul di masa depan.

 

"Alhamdulillah berkat doa bapakn dan ibu kami bisa membawa Fakultas Psikologi Uhamka menjadi salah satu fakultas terbaik yang dimiliki Uhamka saat ini. semoga kerja keras ini terus berlanjut dan kepemimpinan berikutnya dapat membawa Fakultas Psikologi Uhamka menjadi fakultas yang unggul dan maju," ujarnya.

=