Notification

×

Iklan

Iklan

Miliki Peran Penting dalam Berbagai Sektor, FTII Uhamka Kenalkan Software Analisis Simulasi

04 Agustus 2023 | Jumat, Agustus 04, 2023 WIB | Last Updated 2023-08-04T08:29:34Z


Serambiupdate.com
 Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) tentang Pelatihan Pengenalan Software Analisis Simulasi di SMKN 3 Cikarang Barat.


Pelatihan ini diketuai oleh Agus Fikri Dosen FTII Uhamka, dengan anggota Firman Noor Hasan Dosen FTII Uhamka dan Riyan Ariyansyah Dosen FTII Uhamka. Kegiatan ini juga dihadiri oleh 50 siswa dan 10 tenaga pendidik SMKAN 3 Cikarang Barat. Mereka diajarkan konsep-konsep dasar tentang Analisis Simulasi dan diberikan kesempatan untuk menggunakan software khusus dalam sesi pelatihan yang interaktif dan praktis.


Menurut Agus Fikri, teknologi analisis simulasi berperan dalam berbagai bidang, khususnya bidang manajemen dan bidang industri. Maka pelatihan ini dapat menjadi refleksi betapa pentingnya tenaga pendidik maupun siswa dalam memahami dan menguasai teknologi analisis simulasi.


"Penting bagi siswa dan tenaga pendidik untuk menguasai teknologi Analisis Simulasi karena teknologi ini memiliki peran strategis dalam berbagai sektor, termasuk industri dan manajemen. Dengan pemahaman yang baik tentang teknologi ini, mereka dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan berkontribusi lebih baik dalam memecahkan masalah kompleks di dunia nyata,” ujarnya.


Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa dan tenaga pendidik tentang Analisis Simulasi. Para peserta berhasil menerapkan teknologi ini dalam proyek-proyek yang relevan dengan kurikulum dan lingkungan sekolah. Dampak positif juga terlihat pada pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan.


Pak Paratama, salah seorang tenaga pendidik yang mengikuti pelatihan, mengungkapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kecakapan tenaga pendidik dan siswa dalam penerapan teknologi analisis simulasi.


"Saya merasa sangat terbantu dengan pelatihan ini. Sekarang saya bisa mengaplikasikan teknologi Analisis Simulasi dalam beberapa materi pembelajaran dan siswa juga semakin tertarik karena pembelajarannya lebih menarik,” pungkasnya.


Melalui pelatihan ini, diharapkan kemampuan teknologi di SMKN 3 Cikarang Barat dapat terus berkembang, dan siswa serta tenaga pendidik siap menghadapi tuntutan zaman yang semakin maju dalam bidang teknologi informasi dan analisis. Program pengabdian masyarakat semacam ini diharapkan akan berlanjut untuk mendukung penerapan teknologi yang lebih luas di berbagai bidang pendidikan, dan berkontribusi dalam mempersiapkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan masa depan.

=