Notification

×

Iklan

Iklan

Menko PMK: Pendidikan Pancasila Melahirkan Ideologi dengan Karakter Positif

31 Agustus 2023 | Kamis, Agustus 31, 2023 WIB | Last Updated 2023-08-31T04:07:55Z

Serambiupdate.com Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) launching Buku Teks Utama (BTU) Pendidikan Pancasila.


Peresmian buku ini dilaksanakan dalam kegiatan Sosialisasi Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah pada Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka di Gedung Tribrata Darmawangsa, Senin (21/8).


Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) yang hadir pada acara ini menjelaskan penyusunan BTU Pendidikan Pancasila adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan internalisasi pancasila yang biasanya hanya diimplementasikan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.



Implementasi tersebut dinilai belum berdampak cukup banyak dalam menginternalisasikan karakter pancasila pada peserta didik. Karena, pendidikan kewarganegaraan hanya menekankan pengetahuan pancasila.


Muhadjir pun menyebutkan tiga aspek yang akan terbentuk dari mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang mendarah dagingkan nilai pancasila dalam kehidupan. Diantaranya, kognitif atau pengetahuan, afektif atau sikap positif dilandaskan pancasila, dan psikomotorik atau perilaku sebagai manusia pancasila.


“Dari Pendidikan Pancasila kita bisa menemukan apa tujuan pendidikan kita, bukan hanya mengetahui apa itu aspek nilai pancasila tapi pendidikan menuju kepada pengetahuan lengkap apa itu pancasila, serta menciptakan karakter positif terhadap ideologi negara yang mana dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Muhadjir. 

DYL

=