Notification

×

Iklan

Iklan

Kebaharuan Penelitian dalam Studi PAUD, PG PAUD FKIP UHAMKA Siapkan Penelitian Inovatif sesuai Perkembangan Zaman

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 8/05/2023 06:38:00 PM WIB | Last Updated 2023-08-06T11:39:44Z

Serambiupdate.com Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) FKIP UHAMKA mengadakan Workshop dengan tema "Kebaharuan Penelitian dalam Studi PAUD: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif" yang diselenggarakan di kampus Uhamka (04/8).

 

Kegiatan ini bertujuan untuk mempertajam pemahaman berbagai peluang penelitian yang menarik di bidang PAUD, seperti pengembangan kurikulum berbasis kompetensi, integrasi teknologi dalam pembelajaran, strategi pembelajaran bermain yang efektif, konsep gender serta pembinaan karakter pada anak usia dini serta meningkatkan pentingnya melakukan penelitian-penelitian terbaru dan inovatif dalam bidang PAUD guna menghadapi tantangan dan perkembangan zaman yang terus berubah.

 

Narasumber pada workshop ini menhadirkan Dr. Riyan Arthur, M. Pd dari Universitas Negeri Jakarta, ia merupakan pakar dibidang evaluasi pendidikan dengan sejumlah publikasi baik nasional dan internasional yang sudah banyak mewarnai penelitian di dunia akademik.

 

Workshop ini sangat relevan bagi para mahasiswa, dosen, peneliti, dan praktisi di bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang ingin mengembangkan pemahaman tentang metodologi penelitian dan penerapannya dalam studi PAUD.

 

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari penuh dan mencakup beragam sesi, seperti presentasi oleh narasumber, diskusi serta sesi tanya jawab interaktif. Peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dan berjejaring dengan ahli metodologi penelitian dalam bidang pendidikan anak usia dini.

 

Amelia Vinayastri, S. Psi, M.Pd. selaku Kaprodi PG PAUD dalam sambutannya menyatakan bahwa, “workshop penelitian ini diadakan dalam rangka mendukung pengembangan riset dan penelitian berkualitas terutama pada kebaharuan, novelty dan state of the art pada bidang PAUD. Program studi PG PAUD FKIP UHAMKA senantiasa memberikan ruang yang luas untuk pengembangan riset khususnya dosen dan mahasiswa sebagai basis gerakan akademis,” tuturnya.

 

Selanjutnya Amelia menambahkan, “workshop ini ingin menjawab perkembangan zaman dan teknologi dalam menyadarkan kebermanfaatan hasil penelitian PAUD bagi berbagai elemen, seperti meningkatkan kualitas masyarakat, mendukung pengambilan kebijakan pendidikan yang lebih efektif dan memberikan panduan bagi orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak di rumah, mendorong kolaborasi dan transfer pengetahuan yang bermanfaat dalam mengembangkan ilmu PAUD,” tutupnya.

=