Notification

×

Iklan

Iklan

FK Uhamka Bentuk Generasi Emas melalui Interpretasi Golden Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan

08 Agustus 2023 | Selasa, Agustus 08, 2023 WIB | Last Updated 2023-08-08T06:07:30Z


Serambiupdate.com Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan kegiatan Pemberdayaan dan Pengabdian masyarakat dengan tema “Mewujudkan Generasi Emas Melalui Pemahaman Golden Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan” di SMK Negeri 5 Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Senin (31/7).


 

Kegiatan ini diketuai oleh dr. Bety Semara Lakhsmi seorang dokter ahli Kesehatan Masyarakat dan dibantu oleh dosen FK Uhamka dr. Zahra Nurusshofa selaku pakar spesialis Patologi Anatomi dan dr. Wawan Budisusilo selaku pakar Kedokteran Olahraga. Kegiatan ini dihadiri oleh 64 siswa SMKN 5 Pangkalpinang.


 

Dalam kegiatan ini, dr. Bety sekaligus menjadi narasumber. Ia memaparkan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya proses tumbuh kembang dan golden periode 1000 hari pertama kehidupan yang tidak dapat diulang dalam siklus kehidupan manusia, faktor-faktor yang berpengaruh pada tumbuh kembang, milestone tumbuh kembang sesuai umur, serta pemahaman gangguan tumbuh kembang agar dapat mendeteksi secara dini dan segera dilakukan intervensi oleh ahli.


 

“Siswa siswi SMK dan yang setingkat merupakan masa remaja sebagai sosok yang unik yang masih berkembang menuju kedewasaan dengan kepribadian yang matang, stabil dan mandiri sehingga perlu dibekali dengan pengetahuan Goden Periode 1000 hari pertama kehidupan agar dapat merencanakan sejak sekarang masa berkeluarga, menikah dan akhirnya memiliki keturunan dengan penuh tanggung jawab sehingga tidak terjerumus ke dalam perilaku yang berisiko.” ujar dr. Bety.


 

Para peserta sangat antusias dilihat dari berbagai macam pertanyaan yang muncul saat dilakukan diskusi dan tanya jawab serta hasil post test yang mengalami kenaikan dibandingkan dengan nilai pretest yang diberikan sebelum kegiatan berlangsung sehingga dapat dijadikan parameter mengenai peningkatan pengetahuan para siswa/i di SMKN 5 Pangkalpinang, Bangka Belitung.


=