Notification

×

Iklan

Iklan

Wakil Dekan I FISIP Uhamka Sosialisasikan Penyalahan Gunaan Narkotika pada Remaja di SMK N 61 Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

24 Juli 2023 | Senin, Juli 24, 2023 WIB | Last Updated 2023-07-24T09:00:00Z


Serambiupdate.com
- Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) melakukan kegiatan Seminar Wawasan Narkoba (Sewarna) bertema Konservasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Pendampingan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba diadakan di SMK N 61 Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, pada Selasa (17/7).

 

Program Pengabdian Masyarakat yang bermitra dengan Polsek Pulau Tidung ini dilakukan oleh Nurlina Rahman dosen dan sekaligus Wakil Dekan I FISIP Uhamka, Mukhlish Muhammad Maududi selaku dosen FISIP Uhamka, serta 4 mahasiswa diantaranya Adilla Zahra Putri, Muhammad Fahmi Hafizh, Abdul Rahman Hardiansyah, dan Winda Sukra.

 

Kegiatan ini bertujuan memberikan masukan kepada mitra, dalam hal ini Polsek Pulau Tidung, terkait upaya pencegahan penyalahgunaan dan menghindari penyalahgunaan narkotika melalui pendekatan dan penguatan konsep diri remaja di SMKN 61 Kepulauan Seribu, mengingat Pulau Tidung sebagai destinasi wisata masih menghadapi masalah seperti kurangnya pengetahuan tentang narkotika.

 

Nurlina Rahman selaku  Wadek I FISIP Uhamka membawakan materi tentang Pendampingan Penguatan Konsep Diri dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Ia menjelaskan bahwa ada tiga kecenderungan yang memicu seseorang menjadi pengguna narkoba.

 

“Pertama adalah faktor lingkungan. Seseorang yang tinggal di lingkungan rawan Napza atau memiliki komunitas/kelompok pengguna Napza memiliki kecenderungan sangat besar menjadi pengguna narkoba. Kedua adalah faktor keluarga, kesenjangan komunikasi antar anggota keluarga, hubungan yang tidak harmonis, dan orangtua yang terlalu memanjakan anak akan membuat anak mudah terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba. Faktor kecenderungan ketiga adalah diri sendiri. Seseorang dengan kepribadian yang lemah, mengalami tekanan jiwa, depresi, cemas, kurang dewasa, lemah dalam pemahaman maupun pengalaman agama, cenderung mudah terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Seringkali mereka mau coba-coba pakai. Pada akhirnya, diri tidak bisa menolak narkoba," jelas Nurlina.

 

Nurlina menambahkan, hal yang sudah disebutkan itu penting bagi setiap orang untuk mengenali diri sendiri. Mengenal konsep diri dapat membantu seseorang untuk memiliki kepribadian yang baik. Mengenali kepribadian ini bisa dilakukan dengan bertanya pada diri sendiri, saya termasuk orang phlegmatis (damai), sanguinis, melankolis, atau koleris.

 


“Saya mengutip pendapat Adler dan Towne, pembentukan konsep diri bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah reflected appraisal/the looking glass-self, proses pembentukan konsep diri yang disesuaikan dengan bagaimana orang lain (orang-orang yang kita hargai pendapatnya, significant others) melihat kita. Orang-orang ini dapat dibedakan atas perannya dalam pembentukan konsep diri, yaitu sebagai upper (orang itu memberi pendapat yang akan membantu menaikkan harga diri, self-esteem) atau sebagai downer (pendapat orang itu akan mengurangi harga diri seseorang). Kedua, social comparison, yakni konsep diri yang dibentuk dengan cara membandingkan diri sendiri dengan orang lain (reference group). Proses pembandingan ini dapat kita lihat dari 2 segi yaitu apakah kita sama atau berbeda dengan orang lain, dan apakah kita superior atau inferior dibandingkan orang lain? " tegas Nurlina.

Menurut Nurlina konsep diri yang positif ditandai dengan beberapa ciri diantaranya yakin akan kemampuan diri/percaya diri, tidak mundur karena gagal, sportif, mempunyai prinsip dalam hidup, penilaian realistis, merasa setara dengan orang lain, menolak dominasi orang lain, dapat menerima diri atau orang lain sebagaimana adanya tentang kelebihan dan kekurangan, menikmati kehidupan baik keluarga, pertemanan, pergaulan, maupun hubungan sosial, menerima tanggung jawab keyakinan untuk mengatasi masalah kehidupan, serta peka terhadap orang lain.

 

“Seseorang dikatakan memiliki kepribadian yang sehat jika memiliki konsep diri yang baik, banyak teman, menyenangkan, mudah bersosialisasi, jujur, punya rasa humor, mampu mengungkapkan perasaan, tidak cepat putus asa, penuh harapan, bila menangis tidak akan lama, gembira, kreatif, dan punya imajinasi sehat.Empat strategi pengembangan diri yang bisa kita lakukan adalah mengenali diri sendiri, mengubah pola pikir yang rusak, menggali potensi diri, dan menyusun rencana masa depan,” ujar Nurlina.

 

Selain Nurlina Rahman, seminar tersebut juga menampilkan pembicara Kepala Unit Pembinaan Perpolisian Pulau Tidung, Donnes Pangihutan, yang membahas terkait jenis narkoba, efek yang ditimbulkan, dan berbagai aturan hukum yang dapat menjerat pelaku penyalahgunaan narkoba.

=