Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Pengmas FTII Uhamka Pasang Panel Surya Program Eduekowisata di Pulau Pari

04 Juli 2023 | Selasa, Juli 04, 2023 WIB | Last Updated 2023-07-04T06:14:51Z


Serambiupdate.com
- Tim pengabdian masyarakat Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan pemasangan panel surya  sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pantai Pasir Perawan di Pulau Pari yang bertajuk Eduekowisata, Kamis-Jumat (29-30/6).

 

Kegiatan ini diketuai oleh Rifky selaku dosen FTII Uhamka dan didampingi anggota sesame dosen FTII Uhamka diantaranya Oktarina Heriyani, Dan Mugisidi, dan Riyan Ariyansyah. Sementara tenaga kependidikan yang dilibatkan adalah Herman Fauzi dan Lutfan Zulwaqar. Tim juga didukung oleh tenaga teknisi dari mahasiswa Teknik Mesin FTII Uhamka yang terdiri dari Yasir Aqil Maulana, Arif Fikry Arrasyid,  Thoriq Akbar Nafis, dan Acep Saputra

 

Rikfy selaku ketua tim dan dosen FTII Uhamka mengatakan bahwa energi listrik menjadi kebutuhan di berbagai sektor kehidupan. Namun, tidak semua tempat dapat dijangkau jaringan listrik. Daerah terpencil yang terhalang bentangan alam (laut, lembah, gunung) menjadi terisolasi masuknya jaringan listrik. Oleh karena itu dibutuhkan sumber tenaga listrik alternatif, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Selain untuk skala makro, PLTS juga dapat dimanfaatkan dalam skala mikro (parsial, terbatas). PLTS dapat mengatasi kebutuhan listrik untuk berbagai ukuran bangunan, sebagian ruangan dari gedung, penerangan jalan, atau taman. Termasuk penerangan di daerah wisata.

 

“Kini, Taman Pantai Pasir Perawan Pulau Pari memiliki Panel Surya. Selain sebagai penerangan taman, Panel Surya menambah keindahan. Hal yang lebih penting, taman pantai tersebut menjadi objek wisata yang ramah lingkungan dan mengedukasi masyarakat dan pengunjung. Kebersihan dan keindahan taman pantai dilengkapi dengan sarana yang mengedukasi. Maka, sangat tepat jika program PengMas ini adalah Eduekowisata di Pulau Pari,” tutur Rifky.

=