Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FTII Uhamka Laksanakan Pengmas Pengenalan Teknologi Robotic di MA Kafila Ciracas

23 Juli 2023 | Minggu, Juli 23, 2023 WIB | Last Updated 2023-07-23T04:34:44Z

Serambiupdate.com Tim Pengabdian Masyarakat FTII Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) yang diketuai oleh Akhmad Rizal Dzikrillah beranggota Rosalina dan Atiqah Meutia Hilda selaku dosen FTII Uhamka serta dari mahasiswa yaitu Miftahuddin dan Muh. Adnan Widodo, dalam agenda  program  pengabdian masyarakat internal dilaksanakan di Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Kafila Kecamatan ciracas, Jakarta Timur atas dukungan dari LPPM Uhamka.


Kegiatan ini diorieintasikan untuk melatih dan memperkenalkan kepada siswa-siswi tentang teknologi robotic sebagai dasar merancang robot beroda (Mobile Robot).

Secara khusus tujuan kegiatan ini adalah menjadikan peserta (siswa dan guru) mendapatkan  keterampilan, pengetahuan merakit robot, mendesain robot dalam pemograman roda robot (kiri kanan, maju mundur, belok kanan, belok kiri).

Secara History sekolah MA Aliyah pernah ada kegiatan ekstra kurikuler merakit robot, namun itu sudah berlangsung 5 tahun yang lalu, atas permintaan wali siswa untuk diadakan mata pelajaran ekstra kurikulernya yang berhubungan dengan robot, maka hal ini menjadi daya tarik siswa dan guru di sini untuk kita disetujui untuk mengadakan  pelatihan merakit robot. Hal ini sangat menjadi dasar yang baik untuk anak-anak bersemangat dalam pelatihan merakit robot mobile ini.

Robot dan teknologi robotika melambangkan sebuah pemanfaatan praktis ilmu fisika, ilmu computer, ilmu rekayasa dan matematika. Ilmu robotika memberikan pendekatan yang sangat kuat dan fleksibel untuk membuktikan berbagai konsep teknik.

Untuk memberikan motivasi kepada peserta maka dalam  kegiatan ini diadakan lomba kecepatan desain robot ke arah kiri kanan, ke depan atau berbelok.

bagi kelompok yang robotnya lebih dahulu sampai di garis finish dan mampu berbelok kembali ke garis awal maka akan diapresiasi mendapatkan 1 robot hasil rancangannya sendiri.

Lomba jalan  robot ini dimenangkan oleh tim nomor 1 sampai ke finish dalam waktu 1 menit 5 detik kemudiam disusul juara 2 dari tim nomor 3.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan cindramata dan 1 robot hasil desain peserta dari ketua tim pengmas kepada kepala sekolah MA Kafila sebagai kenang-kenanan dari UHAMKA sebagai tanda silaturrahim antar akademik pendidikan.

Dalam kesempatan ini diusulkan akan diadakan kerjasama dalam pelajaran ektra kurikuler sehingga kedepan diharapkan akan dilahirkan generasi tangguh dari pemuda Muhammadiyah yang berororientasi technologi digital robotic. 
=