Notification

×

Iklan

Iklan

LPPM Uhamka Konsisten Berkegiatan dengan Berazaskan ‘Gembira melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat’

17 Juni 2023 | Sabtu, Juni 17, 2023 WIB | Last Updated 2023-06-17T03:03:00Z

Serambiupdate.com - Gufron Amirullah selaku Ketua Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menjadi narasumber dalam acara Teras tvMu di Channel TV Muhammadiyah dengan tema Abdimas Uhamka Menembus Batas yang tayang melalui YouTube tvMu Channel dan website tvmu.tv, Sabtu (17/6).
Dalam hal ini, Gufron Amirullah mengatakan bahwa Uhamka sangat fokus terhadap pengembangan-pengembangan pada bidang riset dan pengabdian serta pemberdayaan masyarakat yang nantinya luaran antara penelitian dan pengabdian tersebut menjadi salah satu strategi Uhamka untuk selalu mempertahankan status Unggulnya.

“Uhamka sangat fokus terhadap pengembangan-pengembangan pada bidang riset dan juga pengabdian serta pemberdayaan masyarakat yang nantinya luaran antara penelitian dan pengabdian akan sangat banyak sekali sehingga menjadi satu strategi Uhamka untuk mendongkrak agar tetap berada di status Unggul,” tutur Gufron.

Disamping itu, Gufron juga memaparkan bahwa LPPM Uhamka melaksanakan kegiatan pembekalan kepada para dosen Uhamka yang dilakukan setiap tahunnya. Hal tersebut merupakan bagian penting dari visi Uhamka sebagai Prophetic Teaching University yang diterjemahkan dalam kegiatan Prophetic Pengabdian Masyarakat atau biasa disebut dengan Abdimas.

“LPPM Uhamka pada setiap awal semester atau setiap tahunnya melaksanakan kegiatan pembekalan kepada para dosen karena kami meyakini bahwa bagian penting dari visi Uhamka sebagai Prophetic Teaching University diterjemahkan dalam kegiatan Prophetic Pengabdian Masyarakat atau biasa kami sebut dengan Abdimas. Maka dari itu, kami bersandar kepada Surat Al-Ma’un untuk bisa mengoptimalkan aksesibilitas yang rendah kepada masyarakat tertindas dan kaum duafa tanpa memandang ras sehingga kami benar-benar komitmen,” ujar Gufron.

Disisi lain, Gufron menyatakan bahwa pada saat melaksanakan program pengabdian masyarakat, para dosen Uhamka dalam melaksanakan berbagai macam aktivitas seperti workshop ataupun pelatihan lainnya berlandaskan visi Rahmatan lil ‘Alamin dalam Muhammadiyah yang harus terus berjalan dengan melalui adanya pengabdian masyarakat. 

“Pada saat kita melaksanakan program, para dosen Uhamka dalam berbagai macam aktivitas workshop ataupun pelatihan berlandaskan visi Rahmatan lil ‘Alamin dalam Muhammadiyah yang harus terus berjalan melalui adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini,” terang Gufron.

Oleh karena itu, Gufron memaparkan bahwa setiap dosen wajib untuk mengimplementasikan keilmuan-keilmuan yang telah dimiliki kepada masyarakat agar dapat menjadi amalan yang ilmiah.

“Setiap dosen penting untuk mengimplementasikan keilmuan-keilmuan yang dimiliki untuk masyarakat agar dapat menjadi amal ilmiah. Pertama, setiap dosen Uhamka memiliki kesadaran untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kedua, mempromosikan kampus secara intens dan implementatif dalam memberikan bekal kepada masyarakat agar terciptanya perubahan kehidupan yang lebih baik dan memiliki pendapatan yang meningkat. Ketiga, menjadikan pengabdian masyarakat ini sebagai sarana dakwah,” ucap Gufron.

Maka dari itu, Uhamka konsisten melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat secara prosedural dengan mempertimbangkan azas ‘Gembira melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat’.

“Alhamdulilah Uhamka dapat konsisten melaksanakan kegiatan-kegiatannya secara prosedural dengan tetap mempertimbangkan azas ‘Gembira melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat’,” tambah Gufron.

Dengan demikian, Gufron menyampaikan bahwa kedepannya LPPM Uhamka akan melaksanakan berbagai macam kegiatan bersifat inovasi sosial yang saat ini sudah mulai dilakukan salah satunya dengan membuat Revenue Generating.

“Kedepannya, kami akan melaksanakan berbagai macam kegiatan yang sifatnya inovasi sosial yang sekarang sudah kami awali salah satunya dengan membuat Revenue Generating,” jelas Gufron.

Di akhir pemaparan, Gufron menyampaikan harapannya terkait dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini kepada para dosen Uhamka, mahasiswa, serta masyarakat umum dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan yang lebih baik.

“Harapan kami kepada para dosen Uhamka agar terus menerus menyalakan api pengabdian masyarakat semangat juang di tengah kesibukan mengajar ataupun menguji untuk menghadirkan separuh waktunya dalam melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kepada mahasiswa juga diharapkan bisa turut terlibat dalam implementasi keilmuan dan keterampilan yang sudah diperoleh di kampus. Terakhir, kepada masyarakat harapan kami semoga pengabdian ini bisa bermanfaat dan meningkatkan taraf hidup yang lebih baik,” tutup Gufron.

Mari bergabung bersama Uhamka untuk membangun Indonesia, hingga saat ini Uhamka memiliki 9 Fakultas dan Sekolah Pascasarjana mulai dari jenjang S1, S2, hingga S3 selngkapnya dapat diketahui pada tautan berikut http://linktr.ee/uhamka serta https://uhamka.ac.id/reg/

=