Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa FK Uhamka Pelajari Profesi Kedokteran Spesialis Obgyn

Rabu, 12 April 2023 | 4/12/2023 07:24:00 PM WIB | Last Updated 2023-04-12T12:24:39Z



Serambiupdate.com
 - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) dibawah bimbingan dosen obstetry Ginekology FK Uhamka dr. Ahmad Irawan, Sp.OG, memberikan edukasi kepada mahasiswa tentang spesialis obgyn di Klinik Pratama Uhamka, Minggu (9/4).

 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa agar mendapatkan gambaran profesi kedokteran. Skrining komunitas ini dilakukan dengan melakukan Anti Neonatal Care (ANC) pada ibu hamil di trimester awal lewat pemeriksaan USG, tekanan darah, berat badan dan tinggi badan. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi kelainan bawaan, kelainan genetik, atau penyakit yang dapat dicegah sejak dini.

 

Skrining ini juga membantu mendeteksi kehamilan yang berisiko dan memberikan saran bagaimana mencegah terjadinya komplikasi selama kehamilan dan persalinan. Melalui kegiatan ini mahasiswa FK Uhamka akan mendapatkan pengalaman dalam melakukan pemeriksaan USG sekaligus belajar lebih banyak mengenai profesi kedokteran.

 

dr. Ahmad Irawan mengungkapkan bahwa pemeriksaan ultrasonografi abdomen di semester awal kehamilan adalah keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh dokter, serta didukung oleh peralatan yang mumpuni. Manfaat dilakukannya ANC secara rutin adalah diagnosis dini komplikasi kehamilan dan kelainan bawaan serta mencegah morbiditas dan mortalitas ibu.

 

“Pemeriksaan dini juga memungkinkan intervensi dini oleh praktisi sebelum komplikasi muncul, sehingga mengurangi kejadian lahir mati, kematian neonatal dan kelainan bawaan,” ujarnya.

 

Melalui kegiatan ini, mahasiswa FK Uhamka akan mendapatkan pengalaman dalam melakukan pemeriksaan USG sekaligus belajar lebih banyak mengenai profesi kedokteran.  Kegiatan ini membuktikan FK Uhamka memiliki  Fasilitas yang serta dosen handal sesuai keahliannya. Selain itu kegiatan ini juga membuktikan peran FK Uhamka dalam menjalankan Catur Dharma perguruan Tinggi untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dengan kontribusi keilmuan yang dimilikinya.

=