Notification

×

Iklan

Iklan

Tulis Komentar Tidak Sopan Pada Akun Instagram Ridwan Kamil, Guru Langsung Dipecat

17 Maret 2023 | Jumat, Maret 17, 2023 WIB | Last Updated 2023-03-21T07:03:26Z


Serambiupdate.com Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai berlebihan  menanggapi sikap kritis Sabil Fadilah, guru SMK Cirebon. Ridwan Kamil menangkap kecaman Ridwan Kamil terhadap guru SMK Telkom Sekar Kemuning  di kolom komentar Instagram @ridwankamil


Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menyayangkan perbuatan Ridwan Kamil. Selain itu, guru  kehilangan pekerjaannya.

 
“Saya menyayangkan pemecatan  guru yang mengkritik RK. Jadi  sikap kritis ini menurut saya harus disikapi dengan bijak," tulis Huda di akun Instagram @syaifulhooda pada Jumat, 17 Maret 2023.


Ia juga meminta agar Sabil tidak dipecat. Apalagi mengingat dedikasi Sabil sebagai  pendidik. 


"Dan saya pemecatan itu menurutnya tidak perlu berlebihan, karena guru yang bersangkutan juga sudah  lama mengajar,” lanjut Huda.  hubungan  dengan SMK Telkom Alasannya, pelanggaran etika guru dan  tata tertib yayasan. 


Pemecatan Sabil  bermula ketika ia mengkritisi pesan Ridwan Kamil, yang dekat dengan siswa SMA Tasikmalaya, tentang sumbangan yang dikumpulkan para siswa untuk membeli sepatu rekannya yang rusak. 


Sebuah video yang diposting oleh Ridwan Kamil menunjukkan dirinya berinteraksi dengan  siswa berseragam kuning. Melihat hal itu, Sabil  menuliskan komentarnya dan menanyakan "status" Ridwan Kamil saat itu. 


"Dalam zoom ini maneh teh keurist Gubernur Jabar atau kader partai atau orang Ridwan Kamil (dalam zoom ini Anda menjadi gubernur Jawa Barat atau gubernur partai atau secara pribadi Ridwan Kamil)" tulis. Sabil dalam komentarnya. 


RK menanggapi komentar  Sabil dengan menulis "Ceuk Maneh Kumah?". Komentar Sabil  kemudian menjadi perhatian netizen dan dianggap tidak sopan karena menggunakan kata maneh. 


Meskipun Ridwan Kamil mengatakan dia Gubernur Jawa Barat, dia tidak kritis. Namun, dalam konteks  saat ini, ia melihat  guru salah memilih kata dan perlu diingatkan. 

Ridwan Kamil pun mengaku  menelepon presiden yayasan tempat Sabil bekerja untuk mencabut surat pemberhentian gurunya.

(Ika Rahmawati/dyl)

=