Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Dosen FAI Uhamka Lakukan Pelatihan Perencanaan Keuangan Syariah

15 Maret 2023 | Rabu, Maret 15, 2023 WIB | Last Updated 2023-03-15T09:14:07Z


Penadigital.id
- Tim Dosen dan Mahasiswa Universita Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat dengan  judul Pelatihan Perencanaan Keuangan Syariah bagi Guru SMP-SMA Saintek Uhamka Boarding School, ruang kelas Saintek Uhamka Boarding School, Sabtu (4/2).


Kegiatan ini diketuai oleh Andi Amri selaku dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Uhamka serta tiga anggota yakni Ade Putri Muliya selaku dosen Uhamka, Aryo Alamsyah dan whis Alriz Luth’v selaku Mahasiswa Uhamka.


Fendi Arief selaku perwakilan dari SMP-SMA Saintek Uhamka Boarding School memberikan sambutan dan pembukaan kegiatan ini.


“Terimakasih kepada bapak Andi Amri selaku narasumber yang akan memberikan materinya mengenai Perencanaan Keuangan Syariah untuk guru-guru disini.” ujar Fendi Arief.


Pada sesi pemaparan materi yang disampaikan oleh Andi Amri, Ketua Tim Program Kemitraan Masyarakat dengan tema Perencanaan Keuangan Syariah. Ia mengatakan perencanaan keuangan syariah sangatlah penting untuk kehidupan.


"Perencaan keuangan syariah dapat dimaknai dengan perbedaan mengenai kebutuhan dan keinginan, kebutuhan ialah yang menopang dalam kehidupan dan sangatlah penting seperti sandangpangan dan papan. Sementara keinginan adalah gaya hidup setelah kebutuhan dipenuhi" terang Andi Amri.


Andi juga menambahkan bahwa investasi syariah juga hal penting dalam merencanakan masa depan yang belum pasti.


“Dalam membuat Perencanaan Keuangan Syariah, Investasi Syariah menjadi tools yang dapat digunakan dalam mengantisipasi masa depan yang belum tentu dikarenakan pergerakkan perekonomian saat ini. Investasi Syariah dapat berupa Saham Syariah, Sukuk, emas, property dan investasi syariah lainnya.” tambah Andi.


Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan Ice Breaking kepada peserta. Diakhir acara setelah memperoleh pemahaman materi, peserta kegiatan diarahkan untuk mengisi post-test yang bertujuan mengetahui pemahaman peserta mengenai materi Perencanaan Keuangan Syariah dan dilanjutkan foto bersama yang menandai berakhirnya Program Kegiatan Masyarakat.


=