Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa BK FKIP UHAMKA Laksanakan KKN di Desa Cigugurgirang Bandung Barat

02 Maret 2023 | Kamis, Maret 02, 2023 WIB | Last Updated 2023-03-02T11:00:43Z

 


Serambiupdate.com Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka laksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di RT.004/RW.005 Desa Cigugurgirang Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat. Kegiatan KKN berbentuk pengabdian masyarakat yang bertujuan meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa secara team work dan interdispliner, menanamkan nilai kepribadian yang ulet, mempunyai etos kerja, tanggung jawab, kemandirian dan jiwa kepemimpinan.

Kegiatan KKN berlangsung selama 1 bulan (30/01) sampai dengan (27/02) dengan program kerja yaitu, pembuatan tempat sampah ramah lingkungan dan plang nama jalan. Selain itu, program kerja tambahan yaitu membantu kegiatan Posyandu, kegiatan “RBM” (Rehabilitas Berbasis Masyarakat), membantu kegiatan Ibu-ibu PKK serta membantu tenaga pendidik di RA Ridhaus Sholeh dan mengajar ngaji di Yayasan Ar-Rohmah.

Mahasiswa yang terdiri dari 4 kelompok KKN, yang beranggotakan 5-6 anggota dalam satu kelompok. Mahasiswa kelompok 5 dan 6 dengan Dosen Pembimbing Siti Hajar. Mahasiswa kelompok 5 terdiri dari Ahmad Fauzi, Bilal Fadlurrohman, Rizky Nabilah, Lisa Indriani dan Iswah Azizah. Kemudian, Kelompok 6 terdiri dari Alamsyah Mulyadi, Syekha Aulia Mutia Zahra, Dina Febriana Pratika, Syifa Sabrina Yudhani, Putri Yuliana, Laella Mardiah.

Sementara, mahasiswa kelompok 9 dengan Dosen Pembimbing Nuraini terdiri dari Syayid Mustofa, Din Khalida Utami, Siti Wasiatul Maroah, Khanza Syifa Annisa, Siti Fitriana Zafirah, Deviana Ramadhani Susanti. Kemudian, Mahasiswa kelompok 20 dengan Dosen Pembimbing Chandra Dewi Sukma W terdiri dari Nanda Rahmi Mulya, Nurul Fanisa, Maesaroh, Widya Rizky Ramadhan, Maulida Rizka Fadila.

Pemberian layanan Bimbingan Konseling yang dilakukan kepada Masyarakat di Desa Cigugurgirang  dengan pemberian layanan Bimbingan Kelompok, layanan Konseling Individu dan layanan Informasi. Dimana, pada saat pemberian layanan Informasi kami mengadakan Workshop bersama dengan Ibu-ibu PKK yang bertemakan “Digital Document” mengenai pembuatan Google Drive. Selanjutnya, terdapat acara general yaitu mengadakan perlombaan untuk memperingati Isra’Miraj yang bertema “GARASI” (Gelaran Ajang Olahraga dan Seni) yang terdiri perlombaan PILDACIL (Da’i Cilik), perlombaan Kali Grafi, perlombaan Menyanyi, perlombaan Mewarnai dan perlombaan Tenis Meja. Semua perlombaan dilaksanakan pada (16-18/02) di Aula Kantor Desa Cigugurgirang. Adapun kegiatan selanjutnya yaitu, seminar mengenai Mitigasi Bencana yang dilaksanakan pada (25/02).

Syayid Mustofa sebagai ketua tim mengatakan, ”Semua program kerja yang dilakukan oleh seluruh Mahasiswa BK UHAMKA dapat terlaksana secara baik dan bermanfaat bagi Masyarakat di Desa Cigugurgirang. Dengan hal ini, Mahasiswa BK UHAMKA berharap Desa Cigugurgirang dapat terus maju dan jaya.”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


=