Notification

×

Iklan

Iklan

KKN Mahasiswa BK UHAMKA Selenggarakan Workshop Optimalisasi peran Generasi Muda dalam Mitigasi Bencana Alam

09 Maret 2023 | Kamis, Maret 09, 2023 WIB | Last Updated 2023-03-09T08:38:27Z



Serambiupdate.com Mahasiswa Bimbingan Konseling FKIP Uhamka adakan KKN di Bandung, Sesar Lembang Sabtu (25/02). Kegiatan yang diselenggarakan berupa Workshop bertema Optimalisasi Peran Generasi Muda Dalam Mitigasi Bencana Alam.


 Kegiatan yang bertujuan untuk mengedukasi mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan pada saat sebelum, saat dan sesudah terjadinya bencana alam. Workshop ini mengundang masyarakat tiga desa yaitu Desa Ciwaruga, Desa Cigugur Girang dan Desa Cihanjuang Rahayu. 


 Workshop ini juga mengadakan  Forum Group Discussion (FGD) bertujuan untuk melihat seberapa jauh pemahaman peserta Workshop terhadap Mitigasi Bencana Alam. Selain Forum Group Discussion (FGD), Workshop ini juga mengadakan simulasi mengenai Bencana Kebakaran Ringan. 


Alat yang  digunakan dalam simulasi  yaitu Tong Besi, Kain atau Baju Bekas, Bensin (Solar dan Pertalite) serta APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Simulasi ini dilakukan untuk memberikan pengalaman di lapangan untuk para peserta terhadap materi yang sudah diberikan. Peserta mendapat kesempatan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) untuk memadamkan api yang ada di Tong Besi tersebut.



Ahmad Fauzi sebagai ketua tim KKN mengatakan, "Selain kegiatan workshop mitigasi bencana terdapat kegiatan lain yang dilakukan program unggulan lainnya. Sebagai bentuk dukungan tim kami kepada Desa Ciwaruga yaitu budidaya ikan maka tim 13 berkolaborasi dengan tim 14 melakukan pemberian bibit ikan nila kepada RW 012 agar dapat mengelola bibit ikan nila sehingga budidaya ikan nila tersebut bisa menjadi alternatif mata pencaharian warga."


"Tim kami juga mendukung program Desa Cigugur Girang yaitu Rehabilitas Berbasis Masyarakat dengan terapi yang dikhususkan untuk anak-anak berkebutuhan khusus untuk melatih motoric dengan cara belajar dan bermain dengan puzzle dan mengajak berkomunikasi agar anak berkebutuhan khusus mempunyai keberanian berinteraksi dengan banyak orang. Kami juga mendapat kesempatan mensuksekan program Desa Cihanjuang yaitu penerangan jalan untuk lingkungan warga yang gelap di RW 07," Sambungnya. 


" Kegiatan KKN menjadi pengalaman baru bagi mahasiswa dan masyarakata. Tim kami berharap semoga tetap terjaganya tali silaturahmi antara mahasiswa dengan masyarakat  terkhusus untuk masyarakat  Desa Ciwaruga, Desa Cigugur Girang dan Desa Cihanjuang Rahayu, " Tambahnya. 


=