Notification

×

Iklan

Iklan

KKN-DIK Mahasiswa PGSD UHAMKA : Wujudkan Semangat Literasi dan Numerasi Siswa SDN Cibarani 1 Banten

02 Maret 2023 | Kamis, Maret 02, 2023 WIB | Last Updated 2023-03-02T07:14:27Z

 



Serambiupdate.com Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka lakukan KKN-DIK dengan menjalankan program kerja yang dirancang mendapat bimbingan dan arahan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Mahasiswa kelompok 5 melaksanakan kegiatan di SDN Cibarani 1 (Kp. Kadugagala Timur RT 24/RW 06 Desa Cibarani Kec. Cisata Kab. Pandeglang Prov. Banten).

 

Mahasiswa kelompok 5 yang beranggotakan Muhammad Daffa Rizyanto, Siska, Rizka De’Aulia, Nihlah, Sarania, Siwi Prihatin Utami, Tresna Ningsih, Yunisa Nur Qolbi, Ulfah Lutfiah, Delima Dora Tumanggor dan Amalia Faudziah dengan dosen pembimbing  Puri Pramudiani  melaksanakan kegiatan dari (12-25/02).

 

 Program kerja pada kegiatan tersebut berupa program kerja di sekolah dan program kerja di masyarakat. Program kerja di sekolah diantaranya yaitu membuat pohon numerasi, pengadaan pojok baca, visiting class, serta sosialisasi dan pelatihan microsoft office (microsoft word dan microsoft power point) untuk guru-guru supaya mempermudah dalam membuat bahan ajar dan media pembelajaran yang menarik. Selain itu, program kerja di masyarakat diantaranya adalah membuat plang nama jalan di Kp. Kadugagala, menyelenggarakan acara Isra Mi’raj bersama warga, bimbingan mengaji di masjid Kp. Kadugagala, serta mengikuti pengajian rutin malam jum’at bersama ibu-ibu Kp. Kadugagala.

 

Puri Pramudiani sebagai dosen pembimbing lapangan memaparkan, “KKN-DIK atau yang lebih dikenal dengan Kuliah Kerja Nyata Pendidikan merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus, dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang dihadapi.”

“KKN-DIK dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan misi dan bobot pendidikan pada mahasiswa untuk mendapat nilai tambah yang lebih besar pada perguruan tinggi. Salah satunya dengan mengabdi untuk sekolah dan masyarakat, baik membantu merealisasikan program yang sudah ada ataupun menciptakan inovasi yang membuat sekolah dan masyarakat merasakan manfaatnya,”ucapnya.

 

Muhammad Daffa Rizyanto sebagai ketua tim, mengungkapkan, “Sebagai mahasiswa yang bergerak dalam ranah pendidikan, kami sangat puas dan bangga dengan program kerja dalam KKN-DIK ini karena sekolah dan masyarakat dapat terbantu. Pelaksanan program kerja di sekolah membantu kami lebih mendalami lagi aktivitas sebagai seorang pendidik sehingga kami semakin tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik.”

“Harapan kami setelah didirikan pojok baca, minat baca siswa SDN Cibarani 1 semakin meningkat dimana literasi dan numerasi menjadi aspek yang sangat penting dalam pembelajaran abad 21 ini,” ucapnya.

 

 

=