Notification

×

Iklan

Iklan

KKN Mahasiswa FKIP UHAMKA Usung Program Kerja Unggulan di Desa Ciwaruga Bandung Barat

28 Februari 2023 | Selasa, Februari 28, 2023 WIB | Last Updated 2023-02-28T16:26:44Z

 




Serambiupdate. Com - Mahasiswa Prodi BK FKIP UHAMKA selenggarakan  Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbentuk pengabdian kepada masyaraka. Kegiatan tersebut berlangsung pada (30/01) sampai (27/02) di Desa Ciwaruga Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat. 


 Kegiatan yang diketuai oleh Tomy Dwi Apriyanto memiliki program kerja unggul, budidaya ikan nila, melaksanakan peringatan Isra Mi'raj, dan layanan bimbingan konseling (informasi dan bimbingan kelompok).  "Kami melakukan analisis kebutuhan warga desa rw 012 maka kami berkolaborasi dengan kelompok mahasiswa lain untuk mencari alternatif mata pencarian warga melalui budidaya ikan nila. Selain itu, kami ikut berpartisifasi pada acara peringatan Isra Mi'raj agar kami memiliki kedekatan dengan warga sekitar, " ucapnya. 


"Hal yang paling penting pada kegiatan kami yaitu pemberian layanan bk di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda dan SMP Islam Nurul Huda, terdapat beberapa informasi yang dimuat didalamnya yaitu Bullying, Seks Edukasi dan Kenakalan Remaja. Informasi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dari setiap sasaran (Siswa Sekolah). Layanan ini diharapkan memberikan dampak yang positif dan bermanfaat bagi siswa serta dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari, " jelasnya. 


"Bimbingan Kelompok merupakan salah satu layanan yang menjadi syarat untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) kali ini. Pada bimbingan kelompok ini dilakukan kepada sekelompok siswa maupun masyarakat dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk menyediakan informasi-informasi dan mengarahkan diskusi agar anggota kelompok menjadi lebih memiliki jiwa sosial yang tinggi serta untuk membantu anggota kelompok agar mencapai tujuan bersama, " tambahnya. 


"Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di Desa Ciwaruga ini diharapkan dapat memberikan kesan yang baik dan manfaat pada Bidang Sosial, Bidang Keagamaan dan Bidang Pendidikan," akhirnya. 

=