Notification

×

Iklan

Iklan

Dana Abadi Pendidikan Rp129 Triliun Upaya Tingkatkan Kualitas Indeks Manusia

04 Februari 2023 | Sabtu, Februari 04, 2023 WIB | Last Updated 2023-02-04T00:57:24Z

 


Serambiupdate.com
 - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menghimpun dana abadi sebesar lebih dari Rp129 triliun hingga awal 2023 yang diperuntukkan untuk pendidikan.

 

"Dana abadi ini adalah bentuk dukungan untuk pendidikan, penelitian, dan kebutuhan di semua sektor dalam meningkatkan kualitas indeks manusia," ucap Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan (Menkeu) dalam Mandiri Investment Forum 2023 di Jakarta, Rabu.

 

Dalam hal ini, Menkeu menyatakan bahwa dana pendidikan merupakan salah satu alokasi yang paling penting untuk masyarakat karena mempengaruhi kualitas pertumbuhan suatu negara yang diukur dari pendidikan sehingga belanja negara untuk pendidikan akan tetap menjadi yang terbesar.

 

Oleh karena itu, pemerintah mengalokasikan belanja pendidikan di atas Rp600 triliun, yakni Rp612,2 triliun pada tahun 2023 untuk pertama kalinya dalam sejarah.

 

Dengan demikian, alokasi belanja tersebut bukan hanya belanja pemerintah pusat, tetapi juga belanja pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kualitas manajemen sekolah hingga ke sistem pengajaran.


ADP/SAN

=