Notification

×

Iklan

Iklan

Sukseskan Pilkada 2024 Bawaslu Berikan Pendidikan Politik bagi Pemula

27 Desember 2022 | Selasa, Desember 27, 2022 WIB | Last Updated 2022-12-27T10:03:29Z


Serambiupdate.com Bawaslu Kabupaten Agam Sumatera Barat memberikan pendidikan politik kepada pemuda di daerah dan mengajak mereka untuk ikut mensukseskan pilkada serentak 2024.

“Kami memberikan edukasi politik pada workshop Komisi Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang dihadiri oleh seluruh anggota DPK KNPI Agam di Pantai Bandar Mutiara, Kabupaten Tanjungmutiara pada Sabtu (24/12)”, ujar Agam selaku Koordinator Pencegahan, Humas dan Pengabdian Masyarakat Bawaslu, di Lubukbasung pada hari Minggu.


Ia mengatakan Agam Bawaslu berterima kasih dan menyambut baik kerjasama yang telah dimulai.


Kedepannya, Bawaslu Agam berharap dapat bekerjasama dengan KNPI dalam melakukan berbagai kegiatan pendidikan politik kepada masyarakat.


Kerjasama dilakukan dalam bentuk pendidikan politik dan pengawasan partisipatif seperti menyediakan wadah untuk kegiatan pendidikan politik dan ini dapat dilakukan melalui perjanjian kerjasama atau pertemuan terbuka sering dilakukan untuk melakukan kegiatan pendidikan bagi pemuda yang paham politik.


“Dengan hadirnya organisasi kepemudaan seperti KNPI dalam proses demokrasi di tanah air, diharapkan proses demokrasi dan pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik,” ujarnya. Dia mengakui bahwa meningkatkan kesadaran negara dalam arti politik adalah upaya warga negara untuk mencapai kebaikan bersama.


Sayangnya, persepsi semacam ini belum tersebar luas dan masih kental dengan tradisi di Indonesia. Tidak dipungkiri masih banyak lapisan masyarakat yang alergi terhadap politik.


Setelah alergi politik, lanjutnya, muncul pula sikap apatis, pasrah, pasrah dan situasi semakin parah dengan munculnya oportunisme politik, asalkan ada uang untuk dipilih.


“Kebijakan moneter menyebar, memperburuk kepercayaan pada politik,” katanya.

DYL_RPH

=