Notification

×

Iklan

Iklan

PLP II Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Uhamka :Pemantapan Kompetensi Akademik Kependidikan

09 Desember 2022 | Jumat, Desember 09, 2022 WIB | Last Updated 2022-12-09T03:02:46Z


Serambiupdate.com - Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA melaksanakan kegiatan PLP II di SMAN 97 Jakarta. Mahasiswa tersebut terdiri dari Harisky Maulana, Wakiah, Luthfia Fazra El-Ghifari, Nahar Zulfah Fadilah, Novita Herlizah dan Fenina Rizky.  Kegiatan yang berlangsung selama 2 bulan yang memiliki agenda mengajar di kelas XI IPS yang terdiri dari 6 kelas dengan mematuhi protokol Kesehatan. PLP II yang dilakukan mahasiswa mendapat bimbingan guru pamong (sebagai asisten guru) dan Dosen pembimbing lapangan (DPL)

 

PLP II merupakan tahapan kedua dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan yang dilaksanakan pada smester tujuh. Sebagai tahapan PLP I, PLP II dimaksudkan untuk memantapkan kompotensi akademik kependidikan dan bidang studi melalui berbagai bentuk aktivitas di sekolah. Aktivitas mahasiswa pada tahapan PLP II meliputi telaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru, strategi pembelajaran, sistem evaluasi, perancangan RPP, pengembangan media pembelajaran, pengembangan bahan ajar dan perangkat evaluasi.

 

Moh. Supendi selaku DPL menyatakan, “Peran penting seorang guru untuk mengawal akhlak siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, bermanfaat bagi diri, agama, dan bangsa. Hal tersebut sesuai dengan tujuan. Pendidikan yang harus dicapai dengan melibatkan pihak yang ada. Guru merupakan ujung tombak Pendidikan dengan besar harapan kegiatan PLP II yang dilaksanakan mahasiswa   memberi pengalaman yang positif untuk jenjang karir professional.

 

 Tri selaku Wakil Kurikulum dengan tegas mengatakan, “Jadi dalam hal ini kalian tidak hanya bertindak di dalam kelas sebagai pengajar pendidik melainkan nanti kalian akan ditugaskan juga di meja piket, hal ini agar kalian mendapat pengalaman serta pengetahuan bagaimana menjadi seorang guru nantinya”

 

Harisky Maulana selaku Ketua kelompok mahasiswa PLP2 mengungkapkan, “Pelaksanaan PLP II menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa FKIP UHAMKA untuk dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangakn bagi para siswa di SMAN 97 Jakarta.”

 

“Ditambah kurangnya minta pada mata pelajaran ekonomi, menjadi dorongan tersendiri bagi mahasiswa PLP II FKIP untuk berusaha agar siswa/siswi di SMAN 97 Jakarta memiliki keinginan dan semangat yang tinggi dalam belajar,” tambahnya.

 

Diajar kakak tuh enak, cepet ngertinya, apalagi kalua soal perhitungan. Aku yang awalnya tidak suka ekonomi dan perhitungan, semenjak kakak mengajar jadi suka. Bisa tidak kaka lebih lama lagi disini,” ucap salah satu siswa XI IPS

 

 

 

 

 

 


=