Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya ICAWE untuk Majukan Pendidikan Perempuan di Afghanistan

09 Desember 2022 | Jumat, Desember 09, 2022 WIB | Last Updated 2022-12-09T03:12:10Z


Serambiudate.com
- Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri RI memaparkan sejumlah poin yang menjadi alasan di balik pentingnya gelaran International Conference on Afghan Women’s Education (ICAWE) yang digelar di Nusa Dua, Bali, pada Kamis.

 

“Terdapat lima alasan mengapa konferensi ini menjadi begitu penting, yang pertama adalah untuk mendapatkan informasi terkini terkait situasi saat ini di Afghanistan,” ujar Menlu dalam konferensi pers yang digelar usai acara tersebut.

 

Dalam hal ini, poin yang kedua adalah untuk menegaskan kembali dukungan bagi semua masyarakat Afghanistan tanpa terkecuali, sementara poin ketiga adalah untuk menekankan dukungan terhadap hak perempuan, terutama pendidikan untuk perempuan.

 

“Yang keempat adalah untuk mengidentifikasi kesenjangan dan mengumpulkan sumber daya untuk mendukung pendidikan perempuan di Afghanistan,” tambah Menlu.

 

Adapun poin terakhir adalah untuk merancang langkah ke depan.

 

Pertemuan tersebut digelar, dengan Menlu RI dan Wakil Menlu Qatar Lolwah Al-Khater sebagai co-chair, untuk pertama kalinya.

 

Dengan demikian, Retno pun menjelaskan bahwa menurut laporan lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Perempuan (UN Women) terdapat lebih dari 11 juta perempuan dan anak perempuan Afghanistan sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan.


ADP/SAN

=