Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka Laksanakan Kegiatan PLP 2 di SDN Susukan 09 Pagi

11 Desember 2022 | Minggu, Desember 11, 2022 WIB | Last Updated 2022-12-11T09:25:47Z

 


Serambiupdate.com - Mahasiswa PGSD UHAMKA laksanakan kegiatan PLP 2 di SDN Susukan 09 Pagi. Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 atau disingkat PLP 2 adalah tahapan kedua dalam pengenalan lapangan persekolahan program sarjana pendidikan yang dilaksanakan pada semester keenam atau ketujuh.


Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Mahasiswa semester VII, Tahun akademik 2022-2023, secara berkolompok berjumlah 6 orang, yaitu Rabbyattul Addawiyah, Irsyad Nurfaizi, Salsabila Jannah, Thalita Rengganis, dan Faunia Andesta yang diketuai oleh Cahyo Fathur Rohim yang mendapat bimbingan Dosen Pembimbing Trisni Handayani. 


Tujuan dari kegiatan tersebut, yaitu agar nantinya selama mahasiswa melaksanakan pengenalan lapangan persekolahan selama kurang lebih dua sampai tiga bulan, mahasiswa mampu memahami manajemen sekolah, memahami pengembangan kurikulum dan pembelajaran sesuai konteks sekolah, serta memahami peran serta masyarakat dalam pengelolaan sekolah.


Maryana selaku Kepala SD menyatakan, "SD tersebut termasuk sekolah Adiwiyata di Jakarta Timur. Mulai dari area selasar yang sangat bersahabat dengan pengguna disabilitas, tersedia tempat sampah, banyak sekali jenis tanaman, terdapat kolam ikan, dan  hewan peliharaan seperti angsa, soang, bebek, ayam dan juga kambing."


"Setiap sebulan sekali guru mengajak siswanya belajar di luar ruangan (outdoor)," Tambahnya. 


Adapun kegiatan mahasiswa selama PLP2 yaitu mengisi kegiatan pembiasaan dan kegiatan mengajar di kelas. Salah satu kegiatan mengajar di kelas adalah diskusi kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi 4C, yaitu Critical Thinking,  Communication, Creativity, dan Collaboration. 


Cahyo Fathur Rohim selaku ketua kelompok mahasiswa mengatakan, "Kami mahasiswa PLP 2 mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah SDN Susukan 09 Pagi terutama kepada guru pamong kami yaitu Tri Wahyuni Handayani yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menambah pengalaman dan meningkatkan kompetensi agar menjadi guru yang profesional."


"Kami mohon maaf atas segala kekurangan kami selama melaksanakan PLP 2 di SDN Susukan 09 Pagi." Ungkapnya. 


=