Notification

×

Iklan

Iklan

Banggakan Uhamka, Dosen PGSD FKIP Uhamka Lulus dengan Predikat Cumlaude pada Ujian Promosi Doktor

23 Desember 2022 | Jumat, Desember 23, 2022 WIB | Last Updated 2022-12-23T10:45:10Z


Serambiupdate.com
- Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) terus berupaya mendukung dosen untuk meningkatkan dan mengembangkan keilmuannya dalam bidang pendidikan. Hal ini bertujuan agar kualitas mengajarnya dapat semakin meningkat sehingga berhasil menciptakan lulusan yang unggul untuk masa depan bangsa.

 

Wati Sukmawati selaku dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka telah lulus Ujian Promosi Doktor dengan judul disertasi Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Esplain And Create) secara Online Berbantuan CCT (Conceptual Change Text) pada Perkuliahan Kimia Dasar Program Studi Farmasi untuk Penguasaan Konsep dan Multi Level Representasi (Triple Johnstone) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jumat (23/12).

 

Ujian Promosi Doktor ini dilakukan secara terbuka di Ruang Auditorium Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kegiatan yang dilakukan secara khidmat ini turut dihadiri oleh Lelly Qodariah selaku Warek III Uhamka, Desvian Bandarsyah selaku Dekan FKIP Uhamka, Gufron Amirullah Ketua Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM Uhamka), Ika Yatri selaku Ketua Prodi PGSD FKIP Uhamka dan segenap Stakeholder Uhamka, pengurus majelis dikdasmen DKI Jakarta, serta keluarga besar Wati.

 

Dalam Ujian Promosi Doktor ini, Wati berhasil meraih capaian tertinggi yaitu predikat Cumlaude dalam waktu tempuh pendidikan tiga setengah tahun. Hal lainnya yang membanggakan juga datang kepada Aslam selaku dosen PGSD FKIP Uhamka telah mendapatkan gelar doktor dengan predikat cumlaude pada Rabu (21/12).

 

Lelly Qodariah selaku Wakil Rektor III dalam kesempatannya menyampaikan rasa syukurnya atas bertambahnya doktor-doktor yang hebat untuk Uhamka. Ia mengatakan, bahwa Wati merupakan dosen yang mengikuti program SLU untuk mempercepat menyelesaikan studi S3.

 

“Alhamdulillah Uhamka telah bertambah doktor-doktor yang hebat, bu Wati ini merupakan dosen yang mengikuti program Sabbatical Leave  Uhamka (SLU) dengan tujuan untuk mempercepat para dosen muda untuk menyelesaikan S3 nya. Minggu ini sudah 2 kali dosen Uhamka yang telah lulus program doktor. Harapan kami dari Uhamka, dosen yang telah lulus studi S3 ini dapat mengajak dosen-dosen yang lain untuk meningkatkan kapasitas keilmuannya. Ibu Wati ini memang betul pekerja keras dalam berbagai pengabdian-pengabdiannya. Saya juga berharap penelitian-penelitian ini bisa dikolaborasikan untuk menghasilkan produk yang bermanfaat untuk banyak orang,” tutur Lelly Qodariah.

 

Sementara itu, Wati Sukmawati mengucapkan rasa terima kasihnya kepada berbagai pihak diantaranya pimpinan Uhamka , civitas akademika Uhamka, para pimpinan UPI, penguji dan pembimbing yang telah mendukung penuh studi S3 dirinya. Ia mengharapkan untuk terus dibina dan dibimbing oleh seluruh pihak yang telah memberikannya segudang ilmu untuk terus meningkatkan kapasitas dirinya.

 

“Terima kasih kepada Allah swt, dekan FPMIPA UPI dan jajarannya, saya hanya melakukan yang terbaik untuk semua orang. Saya mohon bimbingan selalu dari ilmu yang diberikan agar menjadi berkah untuk banyak orang. Mohon maaf jika dalam proses penelitian ini masih belum ada yang sesuai. Terima kasih kepada penguji dan pembimbing segala masukan dari riset yang saya lakukan. Terima kasih kepada pimpinan Uhamka diwakili bunda Lelly Qodariah yang telah mewakili Prof Gunawan Suryoputro,” ujar Wati.

 

Dilian pihak, Prof Asep Kadarohman sebagai penguji menuturkan rasa bangganya atas pencapaian gelar doktor yang diraih oleh Wati Sukmawati sebagai mahasiswa yang menempuh pendidikan IPA S3 di UPI. Ia berpesan agar Wati dapat terus meningkatkan kualitas diri dalam mengimplementasikan keilmuannya untuk banyak orang.

 

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi saya, buah hasil perjuangan saudara selama 3 setengah tahun, hasil dari ketekunan, kesungguhan dan keuletan selama menempuh pendidikan IPA S3 ini. Ini adalah kontribusi dari banyak pihak, dengan diraihnya gelar doktor ini  harus disyukuri, karena ini berkah dari Allah swt. Anda harus terus meningkatkan kualitas diri serta memberikan kontribusi dalam mengimplementasikan ilmu yang anda miliki. Terima kasih kepada pimpinan Uhamka yang telah memperkenankan bu wati untuk menempuh S3 nya di UPI,” ucap Prof Asep.

=