Notification

×

Iklan

Iklan

Prof Bob Foster Ungkap Pendidikan di Indonesia Perlu Perbaikan Kualitas

29 Oktober 2022 | Sabtu, Oktober 29, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-29T06:43:10Z



Serambiupdate.com Prof Bob Foster selaku Pendiri dan Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan Ganesha Operation menyebutkan, kualitas pendidikan di Indonesia harus dibenahi dari segi level kompetisi. Daya saing anak bangsa secara pendidikan dinilai belum membanggakan secara internasional.

 

"Jadi karena itu kita harus benahi, pendidikan harus kita tingkatkan kualitas ada kreativitas dari para siswa, bukan hanya menghafal, tapi mereka bisa melakukan sesuatu project kerja tim, itu yang harus ditingkatkan," tutur Bob saat dikukuhkan jadi Guru Besar Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia (Unibi), Selasa (25/10).

 

Menurutnya, kultur pendidikan yang menyampingkan kualitas harus dihilangkan. "Saya komitmen untuk itu, saya tertantang untuk itu. Bahkan mulai dari pendidikan dasar, menengah atas, sampai dengan perguruan tinggi," ujarnya.

 

"Karena mereka harus mempunyai budaya belajar. Saya enggak setuju dengan kalimat, kamu nggak perlu rangking kamu biasa aja. Saya enggak setuju," sambungnya.

 

Bob menegaskan, budaya zona nyaman dalam kultur pendidikan lebih baik dihilangkan. "Saya setuju dia harus menjadi orang yang pembelajar, tapi praktekkan di dalam kehidupan sehari-hari punya life skill usahakan bisa membuat suatu penemuan-penemuan terobosan-terobosan baru untuk maju," tegasnya.

 

Ia  mencontohkan, jika orang tua berharap anaknya cerdas seperti BJ Habibie yang mampu membuat pesawat, maka harus mengoptimalkan semua potensi pendidikan. "Jangan dibuat siswa ini jadi zona nyaman jangan dibuat udah tenang aja gak perlu gak kalau saya bilang belajar, belajar, belajar. Orang tahu Habibie hebat. Tapi kalau pak Habibie tidak kuliah, mana bisa dia bikin pesawat terbang? Dia bisa bikin pesawat terbang karena dia kuliah," jelasnya.

 

"Pendidikan itu perlu ditingkatkan untuk bangsa kita. Jangan dirusak, jangan dikacau, jangan masuk intervensi politik, enggak usah pendidikan itu sesuatu yang murni yang harus ditingkatkan," ujarnya.

DYL_RPH

=