Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen Uhamka Satu-Satunya PTM yang Lolos Postdoctoral Kemdikbudristek tahun 2022

07 Oktober 2022 | Jumat, Oktober 07, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-06T22:45:03Z

 


Serambiupdate.com
- Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) terus meningkatkan dan memperluas kolaborasi dalam bidang pendidikan, penelitian dan publikasi.

 

Dalam rangka internasionalisasi dan partisipasi kompetisi global, Uhamka berkolaborasi dengan berbagai universitas di luar negeri, diantaranya adalah penjajakan kolaborasi bidang pendidikan, penelitian dan publikasi dengan Universitas Pannonia di Hungaria.

 

Herri Mulyono selaku dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengetahuan terkait metode narrative inquiry pada sesi mata kuliah Metodologi Penelitian Qualitative dalam program master in applied linguistics di University of Pannonia. Kelas metodologi penelitian qualitative merupakan kelas internasional dengan mahasiswa dari beberapa negara seperti Aljazair, Panama, Jordan, Palestina dan Rusia.

 

Herri Mulyono juga berkesempatan untuk melakukan kolaborasi penelitian dan publikasi dengan arahan dari Prof Judit Navracsics sebagai kepala Program Doktor di Multilingualism Doctoral School, dan tiga kolaborator utama, yaitu Szilvie, Zoltan Poor, dan Claudia.

 

Sebelumnya diberitakan bahwa Herri Mulyono adalah satu-satunya dosen Uhamka, dan dosen PTM yang berhasil lolos dalam program Postdoctoral yang didanai oleh Direktorat Sumberdaya Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek tahun 2022.

 

Program Postdoctoral merupakan program Kemdikbudristek yang memberikan peluang kepada dosen-dosen di perguruan tinggi untuk melakukan pengembangan kompetensi profesionalismenya dalam melakukan tridarma perguruan tinggi. Selain itu, melalui program postdoctoral tersebut, dosen diharapakan dapat membangun  jejaring dan berkolaborasi dengan ilmuwan lain serta dunia usaha dan dunia industri dalam rangka menghasilkan karya-karya inovatif.

 

Pada sesi wawancara program postdoctoral, Herri Mulyono selaku dosen FKIP Uhamka, mengungkapkan bahwa Perguruan Tinggi Swasta, khususnya Uhamka, harus mendapatkan kesempatan yang sama dengan PTN yang secara jejaring dan keuangan mendapatkan dukungan dari pemerintah.

 

“PTS harus diberikan kesempatan yang sama dengan PTN untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan akademik dengan jejaring dan kolaborasi dengan universitas di luar negeri. Jejaring dan kolaborasi dalam hal penelitian, pengabdian dan publikasi ilmiah nantinya akan membantu PTS dalam meningkatkan kualitas system dan output tridarma perguran tinggi di lingungan kampusnya masing-masing,” tutur Herri.

 

 

Pada pencapaian tersebut, Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menuturkan rasa bangganya terhadap Herri Mulyono yang menjadi perwakilan dosen FKIP Uhamka atas partisipasi kolaborasi dalam bidang pendidikan, penelitian dan publikasi dengan Universitas Pannonia di Hungaria.

 

 

“Alhamdulillah, ini merupakan hal yang luar biasa. Kesempatan untuk berkolaborasi dengan berbagai universitas di luar negeri ini harus terus berjalan untuk kedepannya. Selamat kepada pak Herri Mulyono yang telah mewakili Uhamka untuk partisipasinya dalam kolaborasi di bidang pendidikan, penelitian dan publikasi dengan Universitas Pannonia di Hungaria. Untuk dosen-dosen Uhamka lainnya ini harus di contoh agar Uhamka semakin berkemajuan dalam hal kolaborasi dengan universitas di luar negeri,” ujar Prof Gunawan.

=