Notification

×

Iklan

Iklan

Apakah Game Online Dapat Merusak Kesehatan Mental?

01 April 2022 | Jumat, April 01, 2022 WIB | Last Updated 2022-04-01T03:36:00Z


 

Oleh : Muhammad Fikri Sunarto

Mahasiswa Uhamka


Salah satu kegiatan yang paling banyak digemari oleh banyak orang di seluruh dunia saat ini, baik dari kalangan anak-anak, hingga orang dewasa adalah bermain game online. Game online memang sangat menarik karena kita dapat memainkannya bersama teman terdekat kita ataupun dengan orang lain. Tapi, tahukah kalian bahwa game online dapat merusak kesehatan mental seseorang? Game online sendiri dapat membuat orang yang memainkannya mengalami kecanduan berlebihan sehingga terkena penyakit gaming disorder. Sangat penting untuk kita mengetahui lebih dalam bahwa apa saja efek negatif yang dapat ditimbulkan dari bermain game online serta apa efek buruknya untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, sebaiknya kita sudah mulai harus membatasi waktu kita dalam bermain game online.

Gaming disorder adalah suatu kondisi yang dialami oleh seseorang yang tidak dapat mengatur atau mengontrol dirinya untuk bermain game. Orang yang sudah terkena penyakit ini menajdikan game sebagai hal yang paling utama dibandingkan hal lain. Efek negatif dari penyakit ini adalah dapat membuat hubungan dengan teman, keluarga, kerabat, ataupun orang disekitar kita menjadi tidak baik. Seseorang dikatakan mengalami penyakit gaming disorder apabila sudah mengalami perubahan sekitar 12 bulan lamanya. Gejala dari penyakit ini adalah seperti sering merasa resah atau stres berlebih, depresi, dan juga mudah mengalami perubahan suasana hati. Gaming disorder pun dapat membuat seseorang lupa menjaga pola makannya dan olahraga.

Tentu saja karena banyak efek negatif yang ditimbulkan membuat game online berpotensi merusak kesehatan mental seseorang. Oleh karena itu, ada beberapa cara atau tips agar kita dapat terhindar dari gaming disorder, yaitu mengurangi intensitas bermain, mengatur waktu bermain, tidak memprioritaskan game sebagai hal yang paling utama, serta tetap menjaga kesehatan tubuh. Apabila kita hanya memainkan game dalam batas wajar saja dan hanya untuk sekedar mencari kesenangan ataupun hiburan semata, maka kemungkinan besar kita dapat terhindar dari potensi penyakit gaming disorder ini. 

Cara untuk menyembuhkan penyakit dari kecanduan bermain game online adalah dengan melakukan perawatan seperti penggunaan obat-obatan dan terapi. Terapi psikologis dapat memberikan edukasi atau pembelajaran kepada pengidap penyakit ini agar dapat mengontrol keinginannya untuk bermain game secara terus menerus, dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri yang baik, dan membalikkan suasana hati seperti semula. Oleh karena itu, bermain game online tidak dianjurkan dilakukan berlebihan karena dapat merusak kesehatan mental seseorang. 


=