Notification

×

Iklan

Iklan

Fakultas Psikologi Uhamka Kaji Penyakit Hati melalui Al-Quran

11 Maret 2022 | Jumat, Maret 11, 2022 WIB | Last Updated 2022-03-11T03:58:33Z

Serambiupdate.com
Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melaksanakan kajian keislaman setiap bulan. Kajian tersebut adalah integrasi Islam dan Psikologi Seri 6 dengan tema Penyakit Hati dalam Al-Qur'an melalui platform Zoom meeting pada Kamis (10/3).

Kegiatan ini diikuti langsung oleh Dekan Fakultas Psikologi Uhamka Anisia Kumala dan Izza Rohman sebagai pemateri dalam kajian, adapun pesertanya adalah dosen, karyawan, serta mahasiswa Psikologi Uhamka.

Izza Rohman selaku narasumber menyampaikan kajian ini bersifat intelektual.  Ia menjelaskan, dalam kajian kali ini cukup berfokus untuk makna sakit di dalam Al-Qur'an.

Menurut Izza, dalam Alquran konsep penyakit hati, lebih banyak berhubungan dengan keadaan keraguan terkait  lemahnya iman, contohnya terdapat di dalam surah Al-Baqarah Ayat 10.

“Dapat dilihat dalam surah Al-Baqarah Ayat 10, yang memiliki arti dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakitnya itu; dan mereka mendapat azab yang pedih, karena mereka berdusta. Ini merupakan salah satu contoh terkait penyakit hati yang memiliki lemahnya iman kepada Allah SWT," tutur Izza.

Izza menambahkan, fungsi hati adalah untuk selalu beriman kepada Allah SWT, jika hati berfungsi dengan semestinya maka jiwa menjadi tenang dan stabil. Sedangkan untuk orang yang ragu-ragu dalam mengimani Allah SWT, maka hati akan tidak berfungsi dengan baik. 

“Semoga kita terhindar dari penyakit yang satu ini agar Allah SWT selalu membuka pintu hidayah-Nya," tutup Izza.
=