Notification

×

Iklan

Iklan

Digital Market

03 Maret 2022 | Kamis, Maret 03, 2022 WIB | Last Updated 2022-03-03T03:07:00Z


 

 

Oleh : Fika Amelia

Mahasiswa FEB Uhamka


Setiap perusahaan, baik yang berskala besar maupun kecil, pasti menginginkan kesuksesan dalam menjual produk-produknya. Perusahaan memerlukan strategi-strategi yang bisa membantu memasarkan produknya dengan lebih efektif dan efisien. Untuk bisa menguasai strategi-strategi tersebut, para pengusaha perlu mempelajari manajemen pemasaran atau manajemen marketing terlebih dahulu. Manajemen pemasaran sendiri merupakan salah satu cabang ilmu manajemen yang mempelajari tentang proses penganalisaan, perencanaan, pelaksanaaan, dan pengendalian program-program yang bertujuan untuk menyampaikan suatu produk kepada pelanggan dengan efektif dan efisien.

 Seiring perkembangan zaman, teknologi komunikasi terus berkembang dengan pesat. Perkembangan ini memberikan pengaruh yang cukup besar pada kehidupan sehari-hari, termasuk dalam hal berbisnis. Mayoritas konsumen saat ini mulai beralih ke era digital, di mana sebagian besar transaksi dilakukan dengan menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet. Oleh karena itulah perusahaan harus bisa memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Kegiatan pemasaran secara digital (digital marketing) dapat dilakukan dengan berbagai cara dan media. Biasanya perusahaan akan memasarkan produknya melalui berbagai media sosial yang banyak digunakan masyarakat. Ide-ide kreatif dan inovatif harus dimiliki oleh perusahaan supaya bisa menciptakan konten-konten yang menarik bagi pelanggan. Konten ini bisa berupa video, poster, foto, pemberian diskon, dan lain-lain.

Digital marketing ini tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan dan pelanggan itu sendiri. Dengan adanya digital marketing, perusahaan dapat menjangkau konsumen lebih luas dan biaya yang dibutuhkan juga lebih sedikit. Pelanggan juga akan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai barang yang diinginkannya, dan tentunya tidak memerlukan tenaga dan waktu yang lama. Namun, tidak sedikit pekerja yang masih belum terbiasa menggunakan media digital ini sehingga menghambat jalannya proses pemasaran. Untuk itulah perusahaan perlu memberikan pelatihan untuk menggunakan platfprm digital kepada para pekerjanya.

Sekarang ini hampir semua pebisnis menggunakan digital marketing dalam menawarkan produknya. Selain karena dianggap lebih efektif dan efisien, pandemi yang terjadi hingga sekarang ini membuat para pebisnis mau tidak mau beralih ke digital marketing. Dengan jangkauan yang tidak terbatas, perusahaan bisa meraih pelanggan yang lebih banyak dan bahkan bisa sampai ke negara lain. Jarak tidak lagi menjadi penghalang. Selama ada internet, kegiatan jual beli akan terus berjalan.

=