Notification

×

Iklan

Iklan

“Tiktok” Sebagai Media Manajemen Pemasaran Saat Pandemi COVID-19

25 Februari 2022 | Jumat, Februari 25, 2022 WIB | Last Updated 2022-02-25T09:09:00Z

 



Oleh : Sherina Dwi Putri

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Manajemen pemasaran adalah kegiatan perencanaan, tindakan, pengawasan dan evaluasi yang berhubungan dengan proses memperkenalkan produk/jasa kepada khalayak luas atau konsumen. Sedangkan tujuan diadakannya manajemen pemasaran ini ialah supaya banyak orang yang mengenal produk. Diharapkan pula mereka tertarik untuk membeli produk tersebut. Jika ini yang terjadi, berarti manajemen marketing  yang dibuat berhasil dengan baik.

Memasarkan produk kepada publik tidak hanya dilakukan langsung di lapangan, tetapi juga bisa melalui media sosial atau online. Selama pandemi Covid19 ini banyak orang yang mulai memasarkan produk yang mereka jual melalui media sosial. Terhambatnya komunikasi yang dilakukan oleh para penjual yang terbiasa melakukan kontak fisik dengan konsumen, namun di saat pandemi Covid19 ini para penjual diharuskan untuk mengurangi kontak fisik dengan konsumen demi mengurangi penyebaran virus Covid19. Maka dari itu banyak sekali penjual yang mulai memasarkan produk mereka melalui media sosial.

Platform yang sedang banyak digunakan olah masyarakat saat ini yaitu salah satunnya adalah platform TikTok. Aplikasi TikTok di tahun 2020 berkembang pesat dan menjadi budaya baru di Indonesia. Meskipun aplikasi tersebut sudah ada sejak tahun 2018 namun belakangan ini aplikasi tersebut banyak digandrungi oleh masyarakat berbagai usia. Banyak orang yang menggunakan aplikasi TikTok untuk sekedar berkreativitas atau memberikan informasi mengenai suatu hal. Lewat video dan lagu atau nyanyian yang ditampilkan diaplikasi ini memudahkan informasi dapat disampaikan dan dapat membuat orang yang menontonnya jadi ingin menirukan maupun menyebarkannya.

Tidak hanya itu, di TikTok biasanya pengguna banyak menemukan tren-tren baru yang mendorong untuk mencari tahu dan membeli sebuah produk. Hal ini tercermin terlihat dari tagar #RacuninTikTok dan #Fyp di mana pengguna ikut menciptakan obrolan seru tentang brand dan produk baru. Partisipasi aktif pengguna terhadap tren ini pun meningkatkan brand awareness, dan mendorong penjualan. Dalam platform TikTok juga terdapat solusi periklanan yang mudah dan fleksibel. Hal ini membuat brand dapat ditemukan secara kreatif oleh calon konsumen dan mendorong pembelian. Solusi ini dilengkapi dengan fitur yang kreatif yang memudahkan brand membuat iklan yang menarik perhatian. Serta kanal iklan yang beragam untuk membantu brand mencapai target bisnisnya sesuai dengan nilai jual yang dimiliki.

Berbagai ide kreatif selalu bermunculan di aplikasi TikTok. Meski begitu, tidak semua pengguna TikTok merupakan pelaku utama dari berbagai ide kreatif tersebut. Banyak pula yang menggunakan aplikasi ini hanya untuk sekadar mencari hiburan semata. Berbagai konten di aplikasi Tiktok memang terbilang cukup menghibur. Perpaduan antara ide kreatif dengan fitur-fitur menarik menjadi yang bertanggung jawab atas kemunculan beragam konten unik di TikTok.

=