Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Wawasan Nusantara Bagi Penerus Bangsa

11 Desember 2021 | Sabtu, Desember 11, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-11T02:47:00Z


 Oleh: Alfian Rizky Nurzaman

Mahasiswa FEB Uhamka


Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap Bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan dengan tetap menghargai dan menghormati kebhinekaan di dalam setiap aspek kehidupan nasional untuk mencapai tujuan nasional Indonesia. 

Makna yang dapat ditangkap dari pengertian tersebut, bahwa Wawasan Nusantara mengajarkan kepada kita cara pandang dan sikap yang benar terhadap keberadaan negara dan bangsa Indonesia yang diwarnai oleh berbagai macam perbedaan, agar dalam kondisi perbedaan itu dapat mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa serta dapat mencapai tujuan nasional. 

Pada saat ini, kondisi wawasan nusantara sangat memprihatinkan, hal ini dapat kita lihat dari banyaknya masyarakat yang tidak hafal Pancasila, tidak mengenal sosok pahlawan, dan bahkan sampai tidak peduli dengan negaranya. Hal tersebut yang menyebabkan kehilangan tentang makna dari wawasan nusantara.

Wawasan nusatara itu tersendiri dapat diartikan sebagai sudut pandang bangsa terhadap diri dan lingkungan berdasarkan ideologi bangsa, dalam hal ini wawasan nusantara memiliki konteks Indonesia bisa diartikan sebagai cara pandang terhadap diri dan lingkungan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, wawasan nusantara ini juga merupakan hal penting yang menjadi sumber utama dan landasan yang kuat untuk menyelenggarakan kehidupan secara nasional sehingga wawasan nusantara dapat disebut sebagai wawasan nasional atau landasan ketahanan nasional.


Pada saat ini, arus globalisasi sangat cepat berkembang dan masuk dalam pemikiran masyarakat terutama pada saat ini adalah golongan generasi muda. Arus globalisasi sangat mempengaruhi para generasi muida dengan cepat, sehingga dalam hal tersebut lebih banyak pengaruh negatifnya dibandingkan pengaruh positifnya, dalam hal ini kita harus mengantisipasi dengan berbagai macam hal, sebagai berikut:

1. Menumbuhkan semangat nasionalisme yang Tangguh.

2. Menanamkan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

3. Mempelajari dan mengamalkan ajaran agama.

Oleh karena itu, sangat penting dengan adanya konsep dan penyuluhan tentang pentingnya wawasan nusantara bagi masyarakat terutama bagi kalangan generasi penerus bangsa. Agar terciptanya generasi penerus bangsa yang lebih baik dan lebih harmonis serta bangsanya juga lebih maju. Lalu,semangat dalam mengembangkan wawasan nusantara ini harus dimiliki seluruh generasi muda Indonesia dalam mempersiapkan dan mengembangkan diri demi masa depan bangsa agar menjadi bangsa yang maju dan memiliki daya saing yang tinggi.

=