Notification

×

Iklan

Iklan

Penerapan Ilmu Manajemen dalam Keseharian

03 Desember 2021 | Jumat, Desember 03, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-09T08:49:35Z

 


 Reynaldi Adrian Pratama

Mahasiswa STIE JIC

 

Ilmu Manajemen adalah salah satu suatu proses di mana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok. Manajemen perlu dilakukan guna mencapai tujuan atau target dari individu ataupun kelompok tersebut secara kooperatif menggunakan sumber daya yang tersedia. Ilmu Manajemen diterapkan di berbagai banyak jalur seperti Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dll. Selain itu , Dalam pelajaran Fungsi manajemen terbagi empat yaitu disebut dengan POAC atau Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (pengarahan), serta Controling (pengendalian).

Empat fungsi tersebut juga di terapkan untuk memulai suatu usaha. Seperti kita membuat usaha kita memerlukan Perencana yang matang agar usaha kita tidak hancur atau bangkrut, Membutuhkan pengorganisasian dalam usaha seperti penyusunan dan mengelola sumber daya yang ada, Pengarahan juga perlu dalam usaha sehingga tidak terjadi pembuangan waktu dalam melakukan sesuatu, yang terakhir yaitu pengendalian seperti bentuk kontrol atau evaluasi terhadap kinerja organisasi untuk memastikan jika apa yang telah direncanakan, disusun serta dijalankan sudah sesuai dengan apa yang telah dirancang sebelumnya.

Selain itu, Ada manfaat Ilmu Manajemen dalam kehidupan sehari-hari yaitu Membuat usaha menjadi lancar, Bisa mengelola sumber daya yang ada, Menambah pengalaman usaha, Menghemat waktu dalam bekerja karena sistim bagi tugas, Menciptakan rasa kekeluargaan dalam usaha tersebut, Mengubah pola pikir menjadi kreatif dan Tidak mengalami pemborosan dalam melakukan pembelanjaan sesuatu.

Ilmu Manajemen sangat dibutuhkan dari Jaman dulu hingga sekarang. Jika kita tidak mempelajari ilmu tersebut maka kita akan ketinggalan ilmu yang sangat penting dan juga kita akan ketinggalan jauh usaha kita ketimbang usaha orang lain dalam menerapkan Manajemen dan Ilmu Manajemen di bidang usaha maupun kehidupan sehari-hari. Jadi semangat untuk menerapkan ilmu tersebut agar kita tidak menjadi generasi yang bodoh akan ilmu Manajemen.

=