Notification

×

Iklan

Iklan

Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan

09 Desember 2021 | Kamis, Desember 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-09T05:33:56Z


Nana Istiqomah 

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka 


Saat ini Indonesia sudah memasuki musim penghujan, sudah beberapa hari di minggu ini beberapa kota di Indonesia diguyur hujan. Perubahan cuaca mulai dari panas ke dingin membuat tubuh lebih sensitif, terlebih lagi bagi mereka yang mempunyai alergi yang otomatis daya tahan tubuhnya turun,virus dan bakteri mudah masuk yang mengakibatkan risiko mudah sakit. Paling umum penyakit yang mudah menyerang adalah influenza atau flu , batuk, dan demam.


Supaya daya tahan tubuh kita tetap prima kita harus mengonsumsi makanan yang bergizi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran sebagai sumber vitamin, mineral, serta antioksidan. Selain memerhatikan asupan nutrisi, lanjutnya, menerapkan pola hidup sehat juga perlu dilakukan, salah satunya adalah dengan selalu mencuci tangan pakai sabun. Berikut ini hal-hal yang dapat kita terapkan sebagai pola hidup sehat di musim hujan


1. Konsumsi makanan yang sehat

Pada saat musim hujan tubuh kita memerlukan ekstra kalori karena suhu diluar yang rendah. Contoh makanan yang dapat dikonsumsi yaitu seperti daging merah, telur, alpukat, kacang-kacangan, roti gandum, dan lain sebagainya yang bisa menjadi ekstra kalori dalm tubuh kita.


2. Perbanyak minum air putih

Air putih yang dikenal sehat untuk pencernaan, air putih juga dapat sebagai detoks atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Karena di musim hujan terdapat virus dan bakteri yang berkembang maka kita harus menyeimbanginya dengan perbanyak mengonsumsi air putih.


3. Gunakan pakaian hangat

Musim hujan cuaca akan berubah menjadi lebih dingin sehingga menggunakan pakaian hangat menjadi solusi agar tubuh tidak kedinginan.


4. Rajin berolahraga

Meskipun udara dingin dikarenakan sedang musim hujan, namun kita perlu bergerak agar tubuh tetap bugar. Olahraga bisa dilakukan didalam rumah jika sedang hujan. Latihan fisik selama 30 saja menit mampu mengaktifkan sel darah putih (leukosit).


Semasuki musim hujan di tengah masa pandemi membuat kita harus lebih giat lagi untuk menjaga kesehatan. Selain mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penularan Covid-19, beberapa upaya lain juga perlu dilakukan.

 


=