Notification

×

Iklan

Iklan

Memanfaatkan Pekarangan Rumah Menjadi Apotek Hidup

09 Desember 2021 | Kamis, Desember 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-09T12:43:28Z


Lasmaria Simanjuntak 

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka


Pasti banyak diantara kita yang memiliki pekarangan kosong dirumah yang tidak terpakai. Antara bingung ingin dimanfaatkan untuk apa atau tidak memiliki fasilitas/prasarana yang mencukupi. Sering kita melihat ada beberapa pekarangan yang dimanfaatkan untuk menanam tanaman apotek hidup, apalagi pada saat pandemi seperti ini pasti butuh pegangan obat untuk menjaga imunitas tubuh.


Apotek merupakan sebuah kata yang identik dengan kesehatan, terlebih dengan obat-obatan. Sama seperti apotek pada umumnya, apotek hidup adalah obat yang biasa digunakan untuk mengobati macam penyakit. Bedanya, apotek ini merupakan obat-obatan yang berasal dari tumbuhan dan tentunya mudah dijangkau karena dapat ditanam dipekarangan rumah. Apotek hidup dapat diartikan sebagai taman atau kebun yang memiliki beragam jenis dan tanaman tersebut memiliki manfaat untuk Kesehatan. Singkatnya, apotek hidup sebelas dua belas dengan tanaman obat.


Macam-macam tanaman apotek hidup yang mudah ditanam dan manfaatnya :

1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak khasiat unutk pengobatan dan kecantikan, contohnya lidah buaya bisa dijadikan masker tetapi harus dibersihkan terlebih dahulu, dan bisa juga dijadikan masker rambut. Lalu lidah buaya juga bermanfaat untuk Kesehatan untuk peradangan, mengobati luka luar, Kesehatan jantung, dan kekebalan tubuh.

2. Sirih

Daun sirih sangat bermanfaat bagi Kesehatan, daun sirih dipercaya bisa menghentikan pendarahan, mengobati batuk, untuk membalut luka luar, air rebusan daun sirih dapat membersihkan kuman dan dapat menetralkan racun dalam tubuh.

3. Daun Dewa

Daun dewa bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri, memperlancar peredaran darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan menghentikan penderahan. Daun dewa juga mampu mengatasi diabetes melitus (kencing manis).

4. Temulawak

Selain digunakan untuk bumbu masakan ternyata temulawak juga bermanfaat untuk mengatasi rasa pusing dengan rasa merebusnya, unutk mengatasi kesulitan buang air besar, dan penyakit ginjal. Temulawak juga mampu meningkatkan nafsu makan, dan menaikan berat badan.

5. Kunyit

Kegunaan utama kunyit yaitu untuk bumbu dapur, tetapi selain itu kunyit juga bermanfaat untuk meredakan perdangan, obat maag, mengatasi perut kembung, meredakan nyeri saat haid, mengendalikan gula darah dalam tubuh. Kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, contohnya untuk masker dan lulur badan.

6. Daun kelor

Daun kelor juga banyak memiliki manfaat yaitu menurunkan kadar gula darah, menurukan kolesterol, mencegah sel kanker, melancarkan penecernaan, dan menjaga Kesehatan mata. Air rebusan daun kelor sangat bermanfaat bagi Kesehatan manusia, dan daun kelor juga bisa dibuat menjadi the kelor, dengan cara daunnya bisa dikeringkan lalu ditumbuk menjadi serbuk dan disajikan dengan air hangat.


Itulah beberapa tanaman yang bisa ditanam dipekarangan rumah yang tentunya tidak perlu membutuhkan pekarangan yang luas, karena tanaman apotek hidup bisa ditanam di dalam pot. Tanaman apotek hidup dapat dimanfaaatkan untuk meningkatkan Kesehatan tubuh kita terutama dimasa pandemic seperti ini. Dengan bercocok tanam juga bisa membuat kita menjadi lebih produktif selama dirumah. Mulailah menjaga kesehatan dari diri kita sendiri, agar kita bisa merawat orang yang kita sayangi dan menjadi contoh bagi orang lain.

=