Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa dan Manajemen Waktu

26 Desember 2021 | Minggu, Desember 26, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-26T03:05:00Z

 


 


Oleh : Utami Andri Ani

Mahasiswa FEB Uhamka

Manajemen merupakan sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses kordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Dengan demikian diperlukan bagi mahasiswa untuk bisa mengatur suatu kondisi dan waktu agar bisa menyesuaikan dengan situasi kita sebagai mahasiswa.

Dalam perkuliahan, mahasiswa dituntut agar menjadi lebih mandiri dengan mencari jati diri. Dengan kesibukan yang dialami, mahasiswa krisis waktu dalam keseharian mereka. Oleh karena itu, mahasiswa perlu adanya manajemen waktu dalam mengatur kesehariannya entah itu saat kuliah, bekerja atau pun dalam berorganisasi.

Ada berbagai cara dalam mengatur keseharian seorang mahasiswa agar tidak semua kegiatan teratur yaitu, dengan membuat jadwal baik dalam buku atau media elektronik seperti ponsel atau tab yang mudah dibawa kemana saja. Dengan ini kita dapat mengontrol segala aktivitas kita sehari-hari. Ini merupakan cara yang efektif untuk dilakukan namun cukup sulit untuk kita bisa menahan semua godaan dari kemalasan yang akan datang kapan saja.

Beberapa mahasiswa tidak memerlukan adanya jadwal kegiatan keseharian mereka, namun mereka bisa saja langsung mengerjakan sesuatu hal yang menurut mereka penting terlebih dahulu. Namun cara ini bisa saja merusak semua kegiatan kita karena jika tidak tertata, beberapa kegiatan bisa menjadi terbengkalai maka itu kurang efisien untuk diterapkan.

Sebenarnya dalam mengatur waktu, tergantung kepada pribadi seorang mahasiswa itu

sendiri, sebab mereka punya caranya sendiri untuk mengatur diri mereka sendiri, namun ada saja yang tidak bisa mengatur dirinya sendiri sehingga mereka kesulitan dalam kesehariannya. Untuk membagi waktu dalam keseharian kita, mahasiswa perlu untuk memilih, mengorbankan, memanfaatkan waktu demi mencapai tujuan itu. Supaya dalam waktu yang kita gunakan dapat dipergunakan baik secara efisien dan tidak sia-sia.

=