Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen PBSI FKIP Uhamka Bangun Motivasi Belajar Siswa melalui Pembuatan Pohon Cita-Cita

24 Desember 2021 | Jumat, Desember 24, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-25T06:22:38Z


Serambiupdate.com Dosen PBSI Uhamka berkerja sama dengan LPPM Uhamka dalam mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Pelatihan Pembuatan Pohon Cita-Cita Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”, Kamis (23/2021). Kegiatan ini dipelopori oleh dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Uhamka, Trie Utari Dewi dan Sulistyawati bersama Lina Desti Puji Lestari (mahasiswa) dan Rahmat Hidayat (alumni sekaligus guru di SMP di Jakarta Utara).


Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah Masjid Indonesia (SMI), Desa Cikarageman, Setu, Bekasi, Asriningsih, S.Pt. dan guru beserta 27 siswa SMI. Kegiatan dibuka secara resmi oleh ketua Sekolah Masjid Indonesia (SMI) dan Dra Rr Sulistiyawati M Hum selaku perwakilan tim pengabdian masyarakat.


Sulistyawati dalam materi kegiatan menyampaikan, “Cita-cita adalah suatu impian dan harapan seseorang untuk kehidupan di masa depan. Jika seseorang memiliki cita-cita, maka tujuan hidup akan menjadi jelas dan mampu meningkatkan keinginan untuk terus belajar.”


Selanjutnya ia juga menambahkan bahwa “Tidak ada yang tidak mungkin dalam mencapai apapun cita-cita yang kalian miliki. Teruslah belajar, berusaha, dan jangan lupa berdoa agar cita-cita kalian dapat tercapai”.


Selain itu, dalam materi potensi diri yang disampaikan oleh Trie Utari sebagai bekal bagi siswa untuk mampu mengetahui kemampuan yang ada dalam dirinya sehingga dapat dikembangkan untuk mencapai cita-citanya.


“Untuk dapat mengetahui potensi diri, maka kalian harus mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, maka kalian akan dapat mengembangkan potensi diri kalian” ujarnya.


Ia pun melanjutkan dengan kalimat motivasi, “Layaknya sebuah pohon yang harus diberikan pupuk dan disiram agar dapat tumbuh tinggi. Maka, cita-cita harus dipupuk sejak dini dengan cara rajin belajar, berdoa, bekerja keras, dan berlatih untuk dapat meningkatkan potensi diri, maka setinggi apapun cita-cita tersebut insyaAllah akan dapat tercapai”.


Peserta yang hadir sangat antusias dalam menyimak materi yang disampaikan karena sangat memotivasi mereka dalam mencapai cita-citanya. Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan pohon cita-cita untuk meningkatkan rasa semangat belajar peserta dalam meraih masa depan yang cerah dan gemilang sesuai dengan potensi yang dimiliki.


Kegiatan ini sangat didukung oleh kepala Sekolah Masjid Indonesia (SMI) dan wakil DewanKemakmuran Masjid (DKM) serta para guru. “Saya sangat berterima kasih banyak kepada tim pengabdian masyarakat dari FKIP Uhamka yang telah berkenan datang kesini. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa semangat anak-anak dalam meraih cita-cita” ujar Ibu Asri, selaku ketua SMI.

=