Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FAI Uhamka Berikan Pelatihan Penggunaan Direct Method kepada Guru Muhammadiyah di DKI Jakarta

25 Desember 2021 | Sabtu, Desember 25, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-25T06:18:36Z


Serambiupdate.com
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) yang terdiri atas dosen dan mahasiswa bekerjasama dengan LPPM UHAMKA memberikan pelatihan kepada para guru bahasa Arab di sekolah Muhammadiyah yang ada di DKI Jakarta tentang Penggunaan Direct Method dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab.

 

Hal ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi nyata bagi dunia pendidikan di Indonesia. Pelatihan ini terselenggara atas kerjasama LPPM UHAMKA dengan Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta.

 

Zainul selaku ketua Tim Pengabdian Masyarakat Uhamka mengungkapkan “Pelatihan ini diadakan agar guru Bahasa Arab dapat bertambah kompetensi pedagogiknya dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Arab sehingga pembelajaran yang dihasilkan dapat lebih baik”.

 

Pelatihan dilaksanakan oleh Zainul dan Tim Pengabdian Masyarakat Uhamka pada hari Kamis tanggal 23 Desember 2021 secara online melalui Zoom Meeting karena.

 

Dalam pelaksanaannya pelatihan dipandu oleh seorang moderator Fildza Waty Hanny mahasiswa FAI UHAMKA. Acarapun diawali dengan pembukaan dan dilajutkan dengan  kegiatan inti penyampaian materi pelatihan oleh Zainul Abidin selaku ketua tim pengabdian masyarakat Uhamka.

 

“Perlunya guru mengetahui komponen - komponen bahasa, macam - macam metode pembelajaran kosakata bahasa, strategi pembelajaran direct method, dan Langkah - langkah pemakaian direct method dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab,” ujar Zainul dalam pemaparannya.

 

Peserta begitu antusias ikuti materi pelatihan yang disampaikan oleh Zainul, ada beberapa peserta pelatihan yang mengajukan pertanyaan seperti dari Guru SD Muhammadiyah Bojonggede. Bahkan guru guru pun mengusulkan ke Tim PKM agar selanjutnya diadakan pelatihan tentang cara membentuk Biah Lughawiyah di dalam kelas dan sekolah.
=